Simak Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

Simak Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur

--

PALEMBANG,PALPOS.ID - Sebagian dari kita pasti ada yang mematikan lampu saat tidur karena merasa nyaman dan sebagainya. Namun ada juga yang suka kondisi lampu tetap menyala saat tidur karena sudah terbiasa dengan terang.

Kenyamanan tidur setiap orang memang berbeda-beda. Selain itu, ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Namun, tahukah kamu manfaat tidur dalam kondisi gelap? Simak penjelasan berikut ini..

1. Meningkatkan kualitas tidur

Dikutip dari Halodoc.com, tidur dengan kondisi gelap dapat membuat kualitas tidurmu menjadi baik. Hal ini disebabkan oleh suasana gelap yang akan memberikan sinyal kepada sel-sel tubuh untuk beristirahat. 

Sementara itu, tubuh cenderung merespon cahaya terang sebagai simbol yang menunjukan waktu untuk beraktivitas. Kondisi ini akan membuat sel-sel dalam tubuh kita sulit untuk beristirahat.

2. Mengurangi depresi

Selain menjaga kualitas tidur yang baik, tidur dalam kondisi gelap juga membantu kamu mengurasi depresi loh. Berdasarkan hasil studi terbaru dari Ohio State University yang dikutip dari National Sleep Fondation mengungkapkan bahwa tidur dalam kondisi ruangan yang terang lebih beresiko menyebabkan depresi dibandingkan tidur dalam kondisi ruangan yang gelap.

Selain itu, kondisi ruangan yang gelap akan membantu merelaksasi tubuhmu untuk beristirahat sepenuhnya. Tidur juga membantu tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat sejenak. Jangan lewatkan waktu tidur yang baik ya..

3. Menghindari resiko obesitas

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, wanita yang tidur dalam kondisi ruangan terang cenderung memiliki indeks massa yang lebih tinggi. 

Sementara itu, ahli berpendapat bahwa kondisi ruangan yang gelap saat tidur akan membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin. Hormon ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain itu, tidur dengan kondisi gelap juga akan membantu melancarkan metabolisme tubuh loh. Tidur yang baik dan cukup akan membantu tubuhmu bekerja untuk membakar kalori dalam tubuh. 

Itulah tadi manfaat tidur dalam kondisi ruangan yang gelap. Semoga bermanfaat ya..

(Pelia Ataza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: