Ternyata ini Manfaat Tanam Sistem Tumpangsari, Hasil Menggiurkan...

Ternyata ini Manfaat Tanam Sistem Tumpangsari, Hasil Menggiurkan...

Kusmayadi, Salah Satu Petani di Indralaya yang menerapkan Sistem Tanam Tumpang Sari, Senin 26 Desember 2022.-Palpos.id-

INDRALAYA, PALPOS.ID - Bagi para petani atau anda yang mencoba untuk bertani atau bercocok tanam, kalian harus banget mengenal yang namanya sistem tanam tumpangsari.

Tumpangsari merupakan salah satu cara bercocok tanam yang mencampur proses penanaman (polyculture) dalam satu lahan dan waktu yang sama dengan beberapa atau berbagai jenis tananaman.

Hal ini di lakukan untuk mencapai produksi yang tinggi karena dengan tumpang sari tanaman pokok bisa tumbuh selayaknya. Dan tidak terganggu oleh tanaman tumpangsarinya.

Cara seperti inilah yang di terapkan Warga Indralaya Indah, Kusmayadi. Lahan yang sebelumnya jadi bekas menanam bawang merah, kini sudah ditanami berbagai jenis tanaman.

BACA JUGA:Siap-Siap, Januari 2023 Bantuan Subsidi Upah Cair Lagi. Cek Jadwal Pencairannya!

"Ada campur-campur disini mulai dari tomat, terong, jagung, kacang tanah dan cabe rawit. Luas lahannya sekitar 350 m2," tutur Kusmayadi, Senin 26 Desember 2022.

Masing-masing jenis tanaman mempunyai jumlah sekitar 50 sampai 350an lubang tanam.

Kebun tersebut tepat berada di samping rumahnya. Sehingga, dekat untuk memantau dan cepat dalam penanganan perawatan tanaman.

Beberapa jenis tanaman seperti tomat, terong dan kacang panjang memiliki usia tumbuh yang hampir sama.

BACA JUGA:Ada Subsidi Lagi Dari Pemerintah Rp 5-8 Juta. Syaratnya Harus Beli Barang Ini

Ada beberapa Manfaat atau keunggulan yang diperoleh jika melakukan system penanaman tanaman budidaya system tumpang sari.

"Misalnya seperti resiko kerugian akan berkurang karena dalam penanaman akan saling menutupi pengeluaran dalam pendapatan," terangnya.

Serta mengurangi dampak hama yang berkumpul, karena setiap tanaman berbeda jenis hamanya.

Selain itu, bisa memaksimalkan lahan yang kecil menjadi lebih berpotensi.

BACA JUGA:Ayo Tinggalkan BBM Pertalite dan Beralih ke CNG Sepeda Motor Bisa Irit Rp6.9 Juta Pertahun

Unsur hara yang di tanam akan jauh berguna karena dalam satu areal dapat terserap oleh tanaman lainnya secara baik dan tidak terbuang.

Mengurangi biaya pertanian,  Meminimalisir pertumbuhan rumput liar. Hingga Membantu memanfaatkan lahan seoptimal mungkin.

Lanjut Kusmayadi, hama tanaman tidak menyukai tanaman tumpangsari.

Hal ini membuat hama yang menyerang tidak jadi untuk menyerang.Tanaman tumpang sari selain menguntungkan juga bisa bermanfaatkan.

BACA JUGA:Sinopsis Kupu-Kupu Malam: Reaksi Tante Shanty Saat Mengetahui Laura Pernah Tidur Sama Suaminya

Sebagai pelindung tanaman utama, misalnya dari terpaan angin. Bisa juga untuk mencegah hama yang akan menyerang tanaman utama.

Sehingga tanaman tumpang sari ditanam di pinggir bedengan, selain itu batang jagung terlihat kokoh serta buahnya bebas dari serangan hama.

"Hal ini juga bisa mengurangi resiko spekulasi harga jika sewaktu waktu salah satu jenis tanaman ini harganya anjlok, masih ada hasil panen tanaman lain yang menutupi," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: