Libur Nataru, Penumpang KA Muara Enim Meningkat

Libur Nataru, Penumpang KA Muara Enim Meningkat

Tampak suasana Stasiun Kereta Api Muara Enim.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023, berdampak pada peningkatan jumlah penumpang kereta api baik itu tujuan Muara Enim - Kertapati (Palembang) maupun Muara Enim-Lubuklinggau.

Berdasarkan jadwal keberangkatan, kereta api dari Palembang  tiba di stasiun kereta api Muara Enim pukul 11.00 WIB. Sedangkan kereta api dari Lubuk Linggau tiba pukul 14.00 WIB setiap harinya.

Kepala Stasiun Kereta Api Muara Enim Sukarman, mengatakan bahwa peningkatan penumpang kereta api (KA) mengalami lonjakan sekitar 30 persen sejak Natal.

Peningkatan jumlah penumpang kereta api diprediksi akan terus meningkat hingga tahun baru.

BACA JUGA:Siap-Siap, Januari 2023 Bantuan Subsidi Upah Cair Lagi. Cek Jadwal Pencairannya!

Untuk Muara Enim sendiri, kata Sukarman, tujuan Kertapati 90 hingga 100 orang tiap harinya. Sementara tujuan Lubuk Linggau sekitar 50 orang.

"Sampai hari ini pelayanan di stasiun KAI Muara Enim masih dalam kategori stabil," ujar Sukarman, Selasa 27 Desember 2022.

Sukarman menginformasikan, untuk pembelian tiket saat ini sudah bisa diakses secara online sehingga para calon penumpang bisa melakukan transaksi jarak jauh.

Ini tentunya lebih mempermudah pemesanan, sehingga sebagai stasiun transit tujuan, penjualan tiket di stasiun KAI relatif tidak menentu terkadang habis.

BACA JUGA:Tahun 2023, Aturan Baru BBM Subsidi Diterapkan. Ini Cara Untuk Beli Solar dan Pertalite !

"Kereta Api Bukit Serelo tujuan Muara Enim - Kertapati sampai tanggal 2 Januari 20023 mendatang sudah habis. Sedangkan Muara Enim - Lubuklinggau tanggal 30 Desember 2022 sudah habis juga terjual," terangnya.

Untuk tiket yang masih banyak tersedia ini Kereta Api Sindang Marga, baik bisnis atau eksekutif. Keduanya masih tersedia hingga Januari 2023 mendatang.

Untuk stasiun KA Muara Enim ini, lanjutnya, terkadang kehabisan tiket karen calon penumpang sudah memesan dari stasiun pemberangkatan awal.

"Intinya pemesanan tiket sudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi online seperti KAI Access dan aplikasi lainnya.

BACA JUGA:2023 Seleksi CPNS Dibuka, 4 Formasi CPNS Ini Mudah Lulusnya Lho !

Begitu juga metode pembayaran bisa ketempat-tempat yang sudah ada kerjasamanya," ujar Sukarman.

Disinggung mengenai kebijakan pemerintah yang berencana untuk mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dirinya mengaku belum mendapatkan intruksi ataupun pengarahan dari pusat mengenai hal tersebut.

Jadi standar penumpang kereta api masih sama dengan sebelumnya terkait pemberlakuan Protokol Kesehatan (Prokes).

Untuk usia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (Booster), WNA dari perjalanan luar negeri wajib vaksin kedua, tidak atau belum divaksin karena alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari RS pemerintah.

BACA JUGA:Catat! Ini 6 Bansos 2023 untuk Pemilik KIS BPJS Kesehatan, Mulai PIP hingga Prakerja

Sementara Usia 16 -12 tahun, kata dia, wajib vaksin kedua, WNA dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksin.

‘’Tidak atau belum vaksin harus ada keterangan dari puskesmas atau pusat pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu dan didampingi orang tua dan usia 13-17 tahun wajib vaksin kedua,” terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: