Benarkah Pertalite Ditarik dan Diganti CNG

Benarkah Pertalite Ditarik dan Diganti CNG

suasana SPBU di lubuk linggau--PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS ID.- Pengalihan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite ke Compressed Natural Gas (CNG) mulai Januari 2023 dipertanyakan masyarakat di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. Apakah itu hanya sebatas isu atau rencana bertahap dari Pemerintah. 

Karena hingga saat ini masyarakat di Kota Lubuklinggau sama sekali belum mendapatkan sosialisasi ataupun edukasi langsung dari pemerintah maupun stakholder terkait. Bahkan mayoritas masyarakat di Kota Lubuklinggau belum tahu seperti apa jenis BBM CNG tersebut. 

BACA JUGA:Kebijakan Lama, Dipakai Berulang Namun Tak Efektif

Sebagian masyarakat bahkan mengira BBM CNG itu jenis BBM cair seperti Pertalite, Pertamax dan bahan bakar cair lainnya. Sehingga mereka tidak begitu perduli dengan isu pergantian jenis Pertalite ke CNG.

'Kenapa juga harus pusing, bukan ya rezim ini sudah biasa dan suka-suka menarik BBM yang digunakan masyarakat,' ungkap Zulkarnain, seorang warga Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas se-Kecamatan Air Salek Terima Bantuan Tabungan

Dikatakan Zulkarnain, jauh sebelumnya minyak tanah ditarik. Kemudian disusul dengan BBM jenis premium atau lebih dikenal dengan bensin. 'Sekarang Pertalite juga mau ditarik, ya suka-sukanya penguasa saja,' ujarnya.

Namun begitu mengetahui CNG bukan jenis BBM cair, dia malah kaget. 'Ini parah pemerintah, sifat memaksanya makin menjadi,' ujarnya.

BACA JUGA:Kado Akhir Tahun, Dengan 10 Trik Ini Bisa Dapat Saldo DANA Gratis

Sementara Rahman, warga Kecamatan Lubuklinggau Utara II,  justru berbalik girang. Karena mengirah bakal mendapatkan dana kompensasi dari pemerintah atas pergantian jenis BBM tersebut. 

'Dulu waktu kita masak menggunakan minyak tanah, kita dikasih kompor dan tabung gas gratis, bisa jadi kita juga dapat motor gratis,' katanya sambil tertawa.

BACA JUGA:Walikota Lubuklinggau Keluarkan 4 Syarat Merayakan Pesta Tahun Baru, Nomor 3 Wajib Dipatuhi

Entah serius atau hanya bercanda, tapi Rahman, sepertinya memang berharap mendapatkan motor gratis.

Terpisah, Manager SPBU Dodo City, Nuraini, ketika dikonfirmasi soal kabar pergantian Pertalite ke CNG tersebut mengaku belum ada pemberitahuan. 'Sampai saat ini belum ada info apa pun, kalau ada pun dari pertamina langsung nanti yang memberi tahu,' katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id