Waspada Cuaca Ekstrem, Sumsel Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Waspada Cuaca Ekstrem, Sumsel Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

--https://www.bmkg.go.id/

PALEMBANG, PALPOS.ID - Badan Meteorologi Klimtologi dan Geofisika memprakirakan seluruh wilayah Indonesia akan dilanda hujan lebat selama periode Natal dan tahun baru 2023 pada (27/12).

Hal tersebut disampaikan melalui akun TikTok resmi milik BMKG. BMKG menyampaikan bahwa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga sangat lebat ada di wilayah Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT, Sulsel, Sultra, dan Maluku.

BACA JUGA:10 Wanita Penunggu Warung Kopi Plus di Banyuasin Terjaring Razia, Ini Penjelasan Kasat Pol PP

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat ada di wilayah Aceh, Lampung, Sumsel, Jakarta, Kaleng, Kalsel, Maluku, Pagar dan Papua.

Informasi lebih lanjut disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita pada Konferensi Pers bertajuk "Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah  Indonesia Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2022," yang diselenggarakan pada Selasa (20/12).

BACA JUGA:Kabar Duka! Pengisi Suara Pak Ogah

Ia mengatakan bahwa peningkatan curah hujan selama periode tersebut diakibatkan oleh sejumlah dinamika atmosfer.

"Pertama adalah peningkatan aktivitas Monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Selatan," ujarnya.

Adapun dinamika atmosfer lainnya yang disampaikan oleh info BMKG yaitu adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan Selatan Indonesia.

Di mana hal tersebut berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2023 Sempat Trending Topik di Twitter, Ini Syarat yang Harus Disiapkan Pelamar

Selain itu, pihak BMKG juga menyampaikan bahwa terpantau beberapa aktivitas gelombang atmosfer yang berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Dwikorita juga menghimbau masyarakat Indonesia untuk terus memonitor kondisi cuaca dari BMKG, "Kami mohon untuk terus selalu memonitor perkembangan informasi cuaca dari BMKG," ujarnya.

BACA JUGA:Menpan RB Tegaskan RUU ASN Tak Ada Pensiun Dini PNS, Tapi...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.bmkg.go.id/