Wow,Selama Tahun Baru, Pengunjung Gua Putri Tembus 1.230 Orang

 Wow,Selama Tahun Baru, Pengunjung Gua Putri Tembus 1.230 Orang

Pengunjung tampak ramai memadati Gua Putri saat liburan tahun baru.Foto:Eco/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Gua Putri Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten OKU tembus 1.230 Wisatawan di moment liburan Tahun Baru 2023.

Jumlah ini terdata hingga Senin (02/01) siang, namun pengunjung terus berdatangan termasuk dari luar Kabupaten OKU, seperti OKUT, OKUS, Muara Enim dan Kabupaten Waykanan Lampung.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU, Feri Iswan AP, didampingi Pengelola Gua Putri, Syarif Doman menjelaskan, pihaknya sudah mendata tercatat kendaraan roda empat sebanyak 126 unit, kendaraan roda dua  sebanyak  260 unit.

Dikatakan Syarif Doman, untuk tiket masuk Rp 10.000 per orang dan tiket untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat ditarik karcis parkir Rp 5.000 per unit.

Tiket masuk ini mengalami penurunan dari sebelumnya masa pandemi Covid-19 yang Rp 6.000. Penurunan harga tiket ini dilakukan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini. “Kunjungan wisawatan tahun ini memang luar biasa ramai pasca pandemi Covid-19,” jelas Syarif.

Sementara itu, penanggung jawab pengamanan Obyek Wisata Gua Putri, Ipda Eko Aris menjelaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Wisatawan yang berkunjung ke Gua Putri, sudah dibentuk pos pengaman yang didukung oleh personil gabungan. Terdiri dari personil Polri 5 orang, TNI 3 orang, Pol PP 4 orang dan dari Dinas Kesehatan 3 orang.

Ia mengimbau agar pengunjung obyek wisata Gua Putri tetap berhati-hati karena batu di dalam gua juga licin karena habis hujan. Wisatawan juga bisa memanfaatkan pos pengamanan apabila ada hal-hal yang dibutuhkan termasuk layanan kesehatan.

Disisi lain, Wisatawan yang datang berkunjung ke Gua Putri mengaku puas dengan layanan pihak pengelola gua yang lebih ramah, sopan dan sangat membantu pengunjung yang sedang menikmati moment liburan Tahun Baru.

”Alhamdulillah pelayanan bagus, fasilitas juga bagus dan bersih,” kata Andri salah seorang pengunjung asal Waykanan.

Andri berharap kedepan terus ditingkatkan sehingga Gua Putri menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sementara itu, Obyek wisata Gua Puteri semakin hari semakin menarik untuk dikunjungi. Gua yang menyimpan kekayaan tinggalan budaya dan legenda ini bukan hanya menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Tapi juga wisata budaya, wisata sejarah, pusat studi  khususnya bagi Wisatawan minat khusus.

BACA JUGA:Ini 7 Unsur Sapta Pesona yang Harus Diterapkan di Tempat Wisata Sumsel!

Apalagi saat ini sudah lengkapi dengan Museum Rimau terbesar di Pulau Sumatera. Saat ini memang pengunjung belum bisa menikmati atau menjelalajahi Museum Purbakala ini karena belum diserahkan dari pusat. Namun tahun depan museum ini segera diresmikan dan pengelolaan akan diserahkan ke daerah.

Obyek wisata yang terletak di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji (sekitar 35 KM dari Kota Baturaja) dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kedaraan roda dua atau roda empat melalui Jalinsum.

Kendaraan pengunjung bisa langsung  diparkir di obyek wisata (depan mulut gua). Gua Puteri mudah dijangkau, dari tepi jalan raya pengunjung cukup berjalan kaki sejauh sekitar 800 meter.(*)

BACA JUGA:Yuk, Telusuri Wisata Perairan Sekayu Musi Banyuasin dengan Kapal Wisata, Fasilitasnya Lengkap Lho!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: