PIALA AFF 2022: Tundukkan Filipina, Indonesia Lolos ke Semifinal

PIALA AFF 2022: Tundukkan Filipina, Indonesia Lolos ke Semifinal

Pemain timnas Indonesia, Ricky Richardo Kambuaya (kanan) berebut bola dengan pemain Filipina Mark Andrew Hartmann (kiri) di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa)--

MANILA, PALPOS.ID - Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 usai mengkandaskan Filipina 2-1.

Laga akhir fase Grup A Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia belangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, 2 Januari 2023 malam WIB.

BACA JUGA:PIALA AFF 2022: Timnas Indonesia Ditahan Imbang 10 Pemain Thailand

Gol-gol timnas Indonesia melalui Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan unggul 2-0 atas Filipina pada babak pertama. Dan gol balasan Filipina dicetak melalui Jens Sebastian Beraque Rasmussen.

Timnas Filipina yang diprediksi tampil bertahan justru menekan sejak awal. Sepakan pemain Filipina Hikaru Minegishi pada menit pertama nyaris menjebol gawang Indonesia.

Beberapa detik kemudian, upaya tersebut dibalas penyerang sayap Indonesia Saddil Ramdani namun tidak mengubah skor.

BACA JUGA:PIALA AFF 2022: Timnas Indonesia Pesta Gol, Gawang Brunei Darussalam Dibobol 7 Gol Tanpa Balas

Mulai menit ke-10, Indonesia kembali ke bentuk permainan terbaik. Hasilnya, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong membuka keunggulan pada menit ke-21 lewat sundulan Dendy Sulistyawan.

Dendy memanfaatkan dengan baik umpan lemparan jarak jauh yang jadi khas Pratama Arhan.

Pada menit ke-12 Timns Indonesia kiper Nadeo Argawinata harus ditarik keluar karena mengalami cedera dan digantikan dengan Syahrul Trisna.

BACA JUGA:Brentford vs Liverpool: Head to Head dan Prediksi Susunan Pemain

Setelah itu, Indonesia beberapa kali mendapatkan peluang terbuka yang gagal menjadi gol, termasuk dari Dendy dan Fachruddin Aryanto.

Namun, skuad Garuda menggandakan keunggulan pada menit ke-43 berkat tendangan gelandang berusia 18 tahun Marselino Ferdinan yang meneruskan assist Saddil Ramdani. Indonesia untuk sementara memimpin dua gol tanpa balas dari Filipina saat jeda.

Pada babak kedua Filipina memperkecil ketertinggalan melalui Jens Sebastian Beraque Rasmussen pada menit ke-83.

BACA JUGA:Usai Resmi Menjadi Pemain Al-Nassr, Ini Tujuan Ronaldo

Serangan yang dibangun Filipina melalui umpan lambung dari Stepan Schrock lalu dtanduk oleh Sebastian Rasmussen untuk membobol gawang Indonesia. 

Hingga akhir pertandingan skor tidak ada perubahan gol. Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1.

Di pertandingan lainnya, Thailand berhasil menundukkan Kamboja dengan skor 3-1 yang berlangsung di Stadion Thammasat, Bangkok pada Senin, 2 Januari 2023 malam WIB.

Dengan hasil tersebut Indonesia tetap diposisi di runner-up dengan raihan 10 poin (+9), sementara timnas Thailand dengan raihan 10 poin (+11) sekaligus sebagai juara Grup A Piala AFF 2022. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara