Harga Cabai Melambung, Dewan Ingatkan Ini..

Harga Cabai Melambung,  Dewan Ingatkan Ini..

Pedagang cabai di pasar tradisional di Kota Palembang. Foto:Koer/ Palpos.Id--

PALEMBANG,PALPOS.ID-Kenaikan cabai yang dikatagorikan jenis sayur-sayuran sering terjadi sejak 3 bulan terakhir. Kondisi tak pelak juga berdampak pada sajian menu berbahan mentah cabai di warung-warung makan hingga restoran.

Kondisi ini juga tak lepas dari perhatian lembaga wakil rakyat Kota Palembang. Ketua Komisi II DPRD Kota Palembang, Abdullah Taufik SE MM mengatakan, ada beberapa sebab yang membuat harga cabai naik drastis di pasaran.

BACA JUGA:Pasca Nataru, Harga Cabai Di Muratara Masih Stabil

"Diantaranya.permintaan yang lebih banyak dibanding ketersediaan di pasaran. Selanjutnya kondisi diikuti dengan inflasi hingga kenaikan harga cabaii.faktor lainnya hambatan distribusi dan pasokan cabai itu sendiri," jelas Taufik, Kamis 5 Januari 2023.

Untuk itulah lanjutnya, Pemerintah Kota atau Pemkot Palembang melalui dinas terkait harus turun dan memantau ketersediaan cabe serta stok sembako lainnya.

BACA JUGA:Waduh ! Harga Cabai Tembus di Angka Rp 80 Ribu Hari Ini
"Perlu diketahui, harga cabai naik secara signifikan hingga seratus persen tidak bisa dibiarkan. Artinya harus dicari solusinya secara serius. Apalagi kenaikan harga cabai sering terjadi setidaknya semenjak 2 hingga 3 bulan terakhir sampai pada awal tahun, " tandasnya.


Dikatakan Taufik, jangan sampai kondisi tersebut (kenaikan harga cabai, red) dimanfaatkan spekulan atau pihak-pihak tertentu untuk bermain guna mendapatkan keuntungan secara pribadi sehingga merusak pasaran dan merugikan masyarakat.

BACA JUGA:Ini Dia Harga Baru BBM untuk Wilayah Sumatera Bagian Selatan
"Kita selaku dewan, juga akan memantau kondisi ini dan terus mengingatkan Pemerintah Kota Palembang  agar juga memperketat pengawasan agar tidak berdampak kenaikan cabai yang berkali-kali lipat," tukasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: