Air Terjun Batu Betiang, Wisata Tersembunyi di Empat Lawang

Air Terjun Batu Betiang, Wisata Tersembunyi di Empat Lawang

Air terjun Betu Betiang di Desa Dabuk Empat Lawang yang memesona-FOTO : INTERNET-

EMPATLAWANG, PALPOS.ID - Kabupaten Empat Lawang merupakan salah satu kabupaten atau wilayah yang berada di Sumatera Selatan. Kabupaten berjuluk Bumi Sangi Kerawati Sangi Keruan berjarak sekitar 334 kilometer dari Kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Keren,Kini Goa Selabe OKU Kini Semakin Cantik

Kini Empat Lawang hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat ini, dipimpin Bupati Joncik Muhammad. Meski sebagai kabupaten termuda di Sumatera Selatan, Empat Lawang bakal menjadi salah satu kabupaten yang maju dan diperhitungkan. 

Di sini menyimpan banyak potensi wisata yang dapat diandalkan dalam mengundang investor. Seperti daerah lainya, kabupaten Empat Lawang mempunyai kuliner yang sangat khas dan enak, selain empek-empek, ada kelicuk, lempeng, sanga duren, serabi,  lepat, bubur suro, gonjing, serta gulai kojo.

BACA JUGA:Catat ! Ini 4 Kolam Renang Favorit di Kota Prabumulih

 Nah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Batu Betiang. Air terjun ini terletak di Desa Ulak Dabuk Kecamatan Talang Padang. Jarak tempuh dari pusat kota Tebing Tinggi ke lokasi tidak terlalu jauh sekitar 1 jam dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Sedangkan dari Desa Ulak Dabuk ke lokasi parkir kendaran air terjun sekitar 5 menit menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

BACA JUGA:Dusun Camp Tempat Wisata Alam Menarik untuk Didatangi

Setelah sampai di parkiran pengunjung bisa untuk beristirahat atau untuk shalat terlebih dahulu karena air terjun Batu Betiang telah di lengkapi fasilitas seperti gazeboh, pendopoan, Musholah, ruang ganti, menara pandang serta pos keamanan untuk kenyamanan para pengunjung. 

Jarak dari parkiran ke lokasi air terjun pengunjung berjalan kaki sekitar 20 menit sambil menikmati indahnya perbukitan di sekitar air terjun. Setelah sampai di lokasi pengujung disambut dengan gemuru serta percikan embun air yang jatuh dari bebatuan. Para pengunjung bisa berfotoh, mandi sambil bermain air.

BACA JUGA:Tak Perlu ke Bali, Nikmati Sunset di Kampung Nelayan Sungsang

Air terjun Batu Betiang sering digunakan sebagai tempat untuk para  pramuka melakukan penjelajahan, perkemahan serta jambore.

 Demi bisa melihat keindahan kucuran air tersebut, pengunjung akan dihadapkan pada tantangan melewati lintasan yang terjal. Mendaki naik dan turun menjadi hal yang wajar. Apalagi, hanya sekadar berhenti sejenak untuk menghela napas. 

Namun, gemericik air terjun akan menjadi penyemangat di ujung jalan. Sukacita pun meluap ketika tiba di Air Terjun Batu Betiang. Pengunjung dengan penuh kegembiraan bisa berfoto bersama untuk mengabadikan perjuangan yang terbayar dengan kesegaran air dan udara sekitar.

BACA JUGA:Unik ! Ada Danau Airnya Merah di Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: