Sereh Bukan Sekedar Bumbu, Tapi Berfungsi Mengatasi Bau Badan

Sereh Bukan Sekedar Bumbu, Tapi Berfungsi Mengatasi Bau Badan

8 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Sereh, siapa yang tidak mengenal bumbu dapur satu ini. Sok pasti kamu yang pinter dan rajin memasak sudah gak asing dong dengan bumbu dapur yang namanya Sereh.

Sereh mempunyai dua varian. Pertama Sereh biasa yang dikenal dengan bumbu dapur. Sereh ini digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma yang khas di dalam masakan Nusantara.

Kedua Sereh wangi, Sereh yang batangnya berwarna merah kecoklatan ini merupakan Sereh herbal. Sereh wangi tidak digunakan untuk bumbu memasak melainkan dipakai untuk obat tradisional. Tetapi bukan berarti Sereh biasa tidak bisa digunakan untuk obat tradisional ya.

Tanaman Sereh ini banyak tersebar di pulau Jawa dan Sumatera khususnya Sumatera Selatan. Lubuklinggau salah satu kota jasa dan perdagangan di wilayah Sumsel, malah sudah membangun minyak Sereh wangi.

Bahkan pada masa pandemi, limbah minyak Sereh wangi, dijadikan Antiseptik yang digunakan untuk menyemprotkan jalan-jalan dan area pemukiman warga yang rawan terpapar Covid.

Selain itu, ekstra minyak Sereh wangi ini juga digunakan untuk membuat parfum. parfum minyak Sereh ini menjadi salah satu khas dan cindera mata di Kota Lubuklinggau.

Di beberapa daerah, minyak Sereh wangi juga biasa dijadikan sebagai minyak urut. Bahkan sekarang produk  minyak urut Sereh wangi sudah banyak beredar dipasaran. Entah itu di toko obat atau pun apotik.

Di sejumlah daerah, terutama beberapa daerah di Sumatera Selatan, Sereh wangi ini dijadikan bahan  campuran air mandi untuk wanita pasca melahirkan. Fungsinya untuk menghilangkan bau badan, menyegarkan tubuh sekaligus antiseptik untuk ibu pasca melahirkan.

Dengan mandi air Sereh wangi, tubuh bukan saja menjadi lebih wangi, juga bisa lebih fresh.  

Jika Sereh wangi menghilangkan bau badan dari luar, Sereh biasa atau Sereh bumbu justru menghilangkan bau badan dari dalam. Karena Sereh bumbu ini juga bisa dijadikan jamu loh, untuk mengatasi bau badan dari dalam

Sereh wangi ataupun Sereh bumbu ternyata juga banyak mengadung  nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan, seperti kalori, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, dan vitamin C.

Serai biasa juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang biasa dialami oleh tubuh.

Sereh wangi juga mengandung citronella oil yang memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antimikroba. Tak heran sekarang banyak beredar produk pembersih lantai dan sabun mandi berbahan Sereh wangi.
 
Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari Sereh wangi mengobati rematik, mengatasi batuk, memperlancar haid.
Nah untuk remaja putri dan kaum hawa lainya, bisa minum air rebusan serai untuk melancarkan haid.

Air rebusan Sereh juga bisa untuk mengatasi hipertensi, sakit gigi dan nyeri otot.  Masih banyak manfaat Sereh lainnya. Untuk itu kamu jangan malas minum air rebusan Sereh. Untuk pengobatan dari luar bisa juga dengan menggunakan minyak Sereh.

 Demikian informasi tentang Sereh kali ini, sampa jumpa pada artikel selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: