Satlantas Polres Muara Enim, Bimbing Pemohon Pembuatan SIM

Satlantas Polres Muara Enim, Bimbing Pemohon Pembuatan SIM

Jajaran Polres Muara Enim menggelar Jumat Curhat ke Desa Harapan Jaya.-Foto : Febi-PALPOS.ID


MUARA ENIM, PALPOS.ID - Satlantas Polres Muara Enim siap layani pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat yang kesulitan saat menjalani tes. Masyarakat akan dibimbing mulai dari ujian komputer hingga praktek.

Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim. Dimana masyarakat meminta konpensasi untuk pembuatan SIM karena kerap gagal setelah berkali kali mencoba.

Menurut salah seorang warga yakni Herwanto (40), mengatakan bahwa mayoritas warga Desa Harapan Jaya adalah petani sehingga memang seharian berada di kebun. “Memang sulit mencari waktu luang kalau ingin membuat SIM. Jujur kami ingin sekali punya dan taat hukum tapi ada kendala yang kami alami,” ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat sudah meluangkan waktu untuk membuat SIM. Namun selalu gagal saat ujian praktik yang dinilai cukup sulit. “Pas praktik sulit, pernah ada warga bahkan sampai tiga kali mengulang, selalu gagal saat di praktik. Jadi mohon sekali untuk ditanggapi dan di fasilitasi,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Suwandi SH MSi, mengatakan bahwa terkait pembuatan SIM Satlantas sudah memiliki inovasi yakni Lulus Uji Praktek dan Teori SIM (Lupis).

“Jadi masyarakat yang membuat SIM akan kami tuntun dan bimbing sampai bisa dan mendapatkan SIM. Teori kami ajarkan termasuk praktiknya juga kami ajarkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta masyarakat untuk tidak segan datang ke Satlantas Polres Muara Enim karena kalau pun gagal akan dibantu sampai berhasil. “Karena ujian SIM bukan sekedar bisa berkendara saja. Tetapi tahu aturan aturan lalu lintas termasuk rambu rambu lalu lintas,” tuturnya.

Terlebih saat ini, kata dia, Muara Enim sudah dipasangi perangkat Etle dimana kalau ada pelanggaran langsung terekam oleh sistem. “Kalau kita tidak tahu aturan lalu lintas, kita bisa kena hukuman. Itulah pentingnya ujian untuk mendapatkam SIM itu,” tukasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: