Cair Lagi, Ini 2 Kategori Siswa yang Dapat Bansos PIP..

Cair Lagi, Ini 2 Kategori Siswa yang Dapat Bansos PIP..

Bantuan PIP dari Kemdikbud apakah masih bisa diterima oleh pelajar atau siswa yang pindah sekolah ataupun pindah domisili.-Palpos.id-Disway.id

Palembang, PALPOS.ID - Ada kabar gembira lagi bagi masyarakat Indonesia di tahun ini.

Dimana kabarnya di 2023 ini masyarakat Indonesia khususnya anak sekolah akan mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Namun sebelumnya perlu diketahui apa itu PIP? Dikutip PALPOS.ID dari laman kemendikbud.go.id, tidak semua peserta didik bisa mendapatkan dana PIP.

Dana bantuan yang besaran nominalnya Rp 450 ribu untuk tingkatan Sekolah Dasar (SD).

BACA JUGA:Ternyata Ada 2 Cara Cek Bansos PKH 2023. Balita Bisa Dapat Rp 3 Juta, Ini Informasinya!

Dan untuk tingkatan Sekolah menengah pertama (SMP) sebesar Rp750 ribu.

Uang tersebut bisa didapat dengan beberapa kategori, untuk kelayakan mendapatkannya tentunya dilihat dari data pokok pendidikan (Dapodik).

Dapodik  merupakan system pendataan databes berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya.

Dapodik merupakan sumber data utama dari berbagai program perencanaan pendidikan Indonesia dalam mewujudkan insan yang cerdas dan kompetitif.

BACA JUGA:866 Warga Gunung Ibul ‘Geruduk’ Kantor Lurah, Rupanya Antre Bansos BLT BBM

Melalui data tersebut, maka bisa dinilai apakah anak tersebut layak untuk menerima PIP.

Dijelaskan pula, untuk dapat menerima bntuan PIP ada dua kategori peserta didik yang berhak menerima  PIP, yakni, pertama siswa yang berasal dari keluarga yang tercatat di DTKS atau data terpadu kesejahteraan Sosial kementrian sosial.

Pada DTKS itu juga ada 10 desil yang berhak menerima PIP adalah desil 1-4 yakni sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin.

Lalu kategori kedua adalah masyarakat miskin atau rentan miskin namun karena berbagai hal tidak tercatat di DTKS maka diusulkan oleh dinas pendidikan atau pemangku kepentingan seperti DPRD atau lembaga lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: