Resep Es Kembang Tahu Langsung Dari Pedagangnya

Resep Es Kembang Tahu Langsung Dari Pedagangnya

Es Kembang Tahu selain segar juga bisa mencegah jantung koroner-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID -  Kembang tahu adalah olahan dari kacang kedelai. Kembang tahu ada dua jenis.

Pertama kembang tahu basa yang biasa dijadikan bahan utama es kembang tahu. Kedua kembang tahu kering, biasanya dijadikan sebagai bahan campuran masakan.

Kembang tahu memiliki nama lain Yuba, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan dengan sebutan tofu skin.

Nah, bagaimana proses pengolahan kembang tahu menjadi es yang segar dan bernutrisi serta baik untuk kesehatan jantung koroner.

Ini resep es kembang tahu yang berhasil Palpos.id korek langsung dari pedagang es kembang tahu Sarman, di Jalan Yos Sudarso tepatnya depan Hotel Royal, Kota Lubuklinggau.

Pedagang es tahu yang sudah turun temurun ini membagikan resep nikmatnya es kembang tahu yang dijual. Simak resepnya ya.

Bahan-bahan :

- 1 kg Kacang Kedelai
-  1/2 kg gula aren
-  jahe merah secukupnya

Cara mengolahnya :

Rendam kacang kedelai paling sebentar 2 jam, lebih lama lebih bagus ya.

Setelah proses perendaman, cuci bersih kacang kedelai sampai kulit-kulitnya mengelupas semua.

Setelah itu lanjut penggilingan kacang kedelai hingga menjadi bubuk. Kalau pedagangnya mungkin karena porsinya lebih dari 1 kg menggunakan mesin penggiling khusus seperti penggiling kopi.

Tapi kalau kita boleh dong berkreasi dengan menggunakan blender, orang kedeleinya cuma 1 kg ini.

Untuk mendapatkan saripati dari bubuk kedelai tadi sama dengan mendapatkan santan dari kelapa. Tambahkan air kedalam bubuk kedelai lalu disaring dan diperas. Hasilnya nanti sama dengan air susu kedelai.

Nah rebus susu atau saripati kedelai tadi, sambil siaduk-aduk ya. Proses perebusan sendiri paling tidak butuh satu jam agar air sari Pati kedelai tadi mengental.

Setelah mengental baru matikan kompor dan lakukan proses pembelian agar sari Pati atau susu kedelai tadi berubah menjadi kembang tahu basah.

Kemudian tinggal membuat air gula arennya. Caranya : Rebus gula aren dengan air secukupnya. Tambahkan jahe merah yang sudah geprek dan tentunya sudah dikupas kulitnya juga dicuci bersih ya.  

Setelah semuanya selesai tinggal proses menghidangkan lagi ya.

Masukan kembang tahu ke dalam mangkuk, lalu tambahkan es batu yang sudah diserut. Tambahkan juga air gula aren rasa jahe tadi. Lalu es kembang tahu siap dinikmati.

Nah selamat mencoba membuat es kembang tahu sendiri di rumah ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: