Angka Kemiskinan Kabupaten Muratara Tahun 2022 Menurun

Angka Kemiskinan Kabupaten Muratara Tahun 2022 Menurun

Sekretaris Bappeda Ari Budi Seriawan -Foto :Alam-PALPOS.ID

MURATARA,  PALPOS.ID - Langka yang dilakukan oleh  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara dalam penanganan sudah selaras dari tahun ke tahun. Strategi Penanganan kemiskinan melalui program jangka pendek,  menengah dan jangka panjang melibatkan seluruh stekholder.

Disini program jangka panjang yang dilakukan oleh Pemkab Muratara pembagunan infrastruktur yaitu jalan, jembatan dan sarana serta prasana pasilitas air bersih.

"Kita penuhi dulu beberapa program dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Muratara,"ungkap Kepala Bappeda Amrullah melalui Sekretaris Ari Budi Seriawan. Selasa (18/1)

Ia menjelaskan tingkat kemiskinan di Muratara turun secara segnifikan, terbaru rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Musi Rawas menyebutkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Muratara mengalami penurunan mencapai 1,66 persen dari angka 20,11 persen pada tahun 2021 menjadi 18,45 persen pada tahun 2022. Sebagaimana data dari BPS, capaian ini sangat baik selama berdirinya Kabuoaten Muratara.

"Artinya upaya Pemkab Muratara secara simultan sudah memberikan kontribusi segnifikan dalam menurunkan angka kemiskinan, kenaikan angka kemiskinan ini dampak dari Covid-19 dan hal ini hampir terjadi diseluruh kota,"jelasnya.

Ia mengatakan Upaya yang dilakukan Pemkab Muratara menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu wujudkan citra Muratara berhidaya.

Menurutnya untuk menurunkan angka kemiskinan tidak kudah dan juga membutuhkan waktu yang jangka panjang.

"Ada Empat upaya stategi yang dilakukan Pemkab Muratara terdiri dari pengurangan beban pengeluaran masyarakat miskin,  peningkatan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin,  mengurangi kantong kemiskinan dan sinergi kebijakan dalam memberantas kemiskinan,"pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: