ODGJ Maskin Banyak Berkeliaran di Jalan, Dinsos Di Mana...

ODGJ Maskin Banyak Berkeliaran di Jalan, Dinsos Di Mana...

Pengamat sosial, Bagindo Togar Sibutar-Butar, dok pribadi--PALPOS.ID

Palembang, PALPOS.ID – Penangan terhadap Orang Dalam Gangguan Jiwa atau ODGJ di Kota Palembang nampaknya masih belum maksimal.

Hal tersebut menjadi sorotan banyak pihak, salah satunya seorang Pengamat Sosial, Bagindo Togar Sibutar-Butar.

Dalam hal ini Bagindo menyampaikan, jika Pemerintah Kota Palembang tidak peduli dengan keberadaan ODGJ.

Pasalnya, masih banyak ODGJ ditemukan berkeliaran di jalan-jalan, namun hal itu nampaknya diacuhkan oleh dinas terkait.

 

“Jangankan Pemerintah, keluarganya sendiripun tidak peduli dengan mereka. Tiap hari ada saja ODGJ di jalan, di lampu merah, sepertnya mereka makin ke sini makin bertambah,” ujar Bagindo saat diwawancarai via WhatsApp, Rabu 18 Januari 2023.

Bagindo mempertanyakan kinerja dari Pemerintah khusunya Dinas Sosial Kota Palembang, pasalnya kinerja mereka tidak optimal.

“Di mana dinsos, apakah keterbatasan terhadap anggaran ataukah keterbatasan SDM atau keterbatasan terhadap kebijakan martikulasi, jadi kerja mereka ini tidak pernah optimal mengantisipasi ODGJ supaya tidak berkeliaran lagi di jalan,” imbuhnya.

Menurut Bagindo, sudah sepatutnya Pemerintah responsif mengurus masalah seperti ini agar masyarakat khususnya turis lokal tidak merasa terganggu nantinya.

 

“Pemerintah khususnya dinas terkait harusnya responsif dan mengakomodir terhadap apa yang diadukan masyarakat, selain itu masyarakat juga harus peduli dengan melaporkan ke kelurahan ataupun dinsos dan dinkes bahwa ada ODGJ yang masih berkeliaran.

Hal seperti itu juga kan mengganggu penglihatan alias tidak sedap dipandang mata, serta mengganggu ketertiban,” tegasnya.

Bagindo mengatakan, jika ODGJ masih banyak berkeliaran di jalan, ditakutkan nantinya akan mencelakakan orang sekitar.

“Kalau mereka dibiarkan berkeliaran di jalan, nanti bisa mengganggu orang-orang. Kalau sudah begitu, siapa yang mau bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: