BPBD DPRD OKU Gelar Rapat Propem Perda Tahun 2023

BPBD DPRD OKU Gelar Rapat Propem Perda Tahun 2023

BPBD DPRD OKU saat menggelar rapat propem Perda tahun 2023.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA,PALPOS.ID - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPBD)  DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar rapat Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) tahun 2023 yang digelar di ruang Badan Musayawarah (Banmus), Rabu (18/1).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua BPDB DPRD OKU, Yopi Sahruddin SSos didampingi sejumlah anggota BPBD lainnya, Ir H Syaifudin Ab, Fahrudin, Ferlan Abidin Id Murod, dan dihadiri oleh Sekretaris Dewan A Karim SE MT bersama Kabag Hukum dan Persidangan Sekwan OKU, Iwan Setiawan SAg SSos MM, serta dihadiri juga dari Bagian Hukum Setda OKU.

Dikatakan Ketua BPBD DPRD Kabupaten OKU, bahwa rapat tersebut digelar untuk mengetahuai skala prioritas mana sajakah usulan Raperda yang diajukan pihal Eksekutif (Pemerintah Kabupaten OKU Red) sehingga pada nantinya, pihaknya dalam melakukan kajian, pembahasan untuk mengesahkan Perda Kabupaten OKU sudah berdasarkan hasil kajian mendalam dan Perda yang disahkan tersebut merupakan Perda yang kepentingan masyarakat banyak.

BACA JUGA:BLT BBM 2023 Kamu Tak Cair, Ternyata Ini Penyebabnya


“Hari ini kami menggelar rapat Propem Perda, namun sebelum kami menyimpulkan Raperda mana saja usulan dari pihak Eksekutif yang harus dibahasa secara bersama, kami harus tahu dulu Perda mana yang menjadi skala prioritas untuk dibahas,” ungkap Yopi Sahruddin, saat dikonfirmasi Kamis (19/1).

Sementara itu, Fahrudin selaku anggota BPBD DPRD OKU mengatakan, dirinya memberikan masukan agar kiranya dalam pembahasan prodak hukum daerah nantinya untuk lebih selektif dalam menentukan Raperda mana saja yang harus dibahas, mengingat selama ini Kabupaten OKU merupakan daerah yang cukup subur dalam memproduksi Perda.

“Saya hanya memberikan usulan, jangan sampai Perda yang kita bahas nantinya akan sia-sia, bairlah sedikit yang penting dalam pelaksanaannya nanti betul-betul menjadi prodak hukum yang berkualitas sebagai payung hukum dalam menjalankan roda pemerintahan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Prihatin, Kamar Mandi Nenek Siti Nurbaya Ambruk ke Sungai akibat Longsor


Untu sementara, Pemerintah Kabupaten OKU melalui Bagian Hukum Setda OKU telah menyampaikan 8 usulan Raperda kepada DPRD Kabupaten OKU diantaranya Raperda tentang penyerahan prasarana, sarana dan utilasi umum perumahan, Raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Kemudian Raperda perubahan ketiga atas Perda No 9 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten OKU, Raperda tentang pemilihan kepala Desa, serta Raperda tentang penyertaan modal perusahaan umum daerah air minum Tirta Raja.

Selanjutnya Raperda Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang perubahan bentuk badan hukum perseroan terbatas Bank Perkreditan Rakyat baturaja Kabupaten OKU menjadu PT Bank Bank Perkreditan Rakyat, Raperda tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan Raperda Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah.

Selain tersebut direncanakan juga tambahan Raperda usulan dari Dinas Perkim Kabupaten OKU dan direncanakan juga terdapat Raperda Inisiatif dari DPRD OKU tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: