Sambangi Kantor BPBD Sumsel, Kapolda Sumsel Lakukan Ini

Sambangi Kantor BPBD Sumsel, Kapolda Sumsel Lakukan Ini

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama Pejabat Utama saat sambangi kantor BPBD Sumsel. Foto : Abdus Salam/Palpos.Id - --

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK bersama Pejabat Utama sambangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Kamis 16 Februari 2023.

Saat dikonfirmasi lewat via WhatsApp, Jumat (17/02) sekitar pukul 18.00 Wib, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, bahwa di tahun ini Menteri Koordinator bidang Politik, hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mempimpin mengenai permasalahan Karhutla.

"Maka dari itulah kita sengaja datang ke Kantor BPBD Provinsi Sumsel untuk membahas bersama-sama mengenai masalah potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel," ungkapnya.

Lanjutnya, Kapolda menyampaikan, dirinya dan pihaknya melakukan pengecekan kesiapan baik secara organisatori, personel maupun teknologi, yang disiapkan untuk mengahadapi kemungkinan kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:Terus Tingkatkan Inovasi Pelayanan Masyarakat Muba, Ini Yang Dilakukan Kominfo Muba
"Khusus di tahun ini kita mendapatkan informasi dan telah dilakukan rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga yang dipimpin Mahfud MD dalam mengecek, antisipasi dan kesiapan setiap daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

Tahun ini memang tidak di pimpin langsung oleh Presiden RI Jokowi, tapi kita pastikan beliau tidak mengabaikan tahun 2023 dengan terus melakukan monitoring kegiatan yang dilakukan tersebut," katanya.

BACA JUGA:Bayi Perempuan Tertutup Kardus, Ditemukan di Bawah Pohon Sawit, Ini Kata Kades Penuguan...

Dirinya menuturkan, bahwa karhutla tidak hanya berdampak pada kesehatan, ekonomi, kerusakan lingkungan, namun juga dapat mengganggu stabilitas negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Mahfud tidak ingin hal itu terjadi, meski dalam kurun waktu dua tahun terakhir hal itu tidak terjadi dan karhutla dapat diantisipasi dengan baik.

"Untuk itu kita akan melakukan langkah menempatkan anggota Brimob hingga patroli yang dilakukan nantinya untuk melakukan antisipasi terjadinya karhutla, khususnya wilayah rawan karhutla.

Antisipasi dan penanganan karhutla tidak bisa hanya bergantung dari pemerintah maupun pihak berwajib saja.

BACA JUGA:Ferdy Sambo dan Putri Candrawati Nyatakan Banding, Ini Kata Humas PN Jakarta Selatan...
Dalam hal ini, peran masyarakat juga sangat penting dan dibutuhkan," tutup Kapolda.

Dalam kegiatan ini Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK berkesempatan melakukan peninjauan peralatan BPBD Provinsi Sumsel.

Dan peninjauan posko Karhutla BPBD Provinsi Sumsel, dan peninjauan peralatan penanggulangan Karhutla BPBD Provinsi Sumsel.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: