Adera Field Berhasil Tingkatkan Produksi

Adera Field Berhasil Tingkatkan Produksi

GM Pertamina EP Zona 4, Agus Amperianto.Foto:Prabu/Palpos.Id--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Memasuki minggu ke 2 Februari 2023, Pertamina EP Adera Field berhasil meningkatkan produksi minyak dan gas dari sumur BNG-2 (BNG-54) yang berada di Desa Baturaja Kecamatan Empat Petulai Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Serta sumur BNG-B2 (BNG-55) yang berada di Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI (penukal, abab, lematang ilir), Sumatera Selatan.

PEP Adera Field yang merupakan bagian dari subholding Upstream Regional Sumatera Zona 4 dan beroperasi dibawah pengawasan SKK Migas, berhasil memproduksi minyak dari sumur BNG-D2 (BNG-54) sebesar 2.473 barel minyak per hari (bqrrel of oil per day_BOPD). Sedangkan sumur BNG-B2 (BNG-55), berhasil memproduksi minyak sebesar 1.585 BOPD.

Hasil produksi tersebut, melampaui target produksi untuk ke dua sumur yaitu sebesar 458 BOPD untuk sumur BNG-D2 (BNG-54) atau setara 540 persen dan 378 BOPD untuk sumur BNG-B2 (BNG-55) atau setara 419 persen.

BACA JUGA:Peringati HPN 2023, Wako Tanding Sepak Bola Lawan Insan Pers
Hal itu diungkapkan, General Manager Zona 4, Agus Amperianto. Dikatakan Agus Amperianto, selain mendapatkan minyak yang melebihi target produksi gas yang dihasilkan ke dua sumur tersebut juga melebihi target.

"Sumur BNG-D2 (BNG-54) menghasilkan gas sebesar 2.54 juta standar kaki kubik (million standard cubic feet per day/MMSCFD), kalau dipersentasekan setara dengan 976 persen dari target 0.26 MMSCFD," ungkapnya.

BACA JUGA:Terus Tingkatkan Inovasi Pelayanan Masyarakat Muba, Ini Yang Dilakukan Kominfo Muba
Sedangkan sumur BNG-B2 (BNG-55) sambung Agus Amperianto, menghasilka  gas 5.44 MMSCFD atau 326 persen dari tarhet 1.67 MMSCFD.

"Hasil tersebut merupakan sinyal positif bagi kita, dalam merealisasikan rencana kerja 2023. Ini juga membuktikan komitmen perusahaan terhadap upaya pemenuhan enerhi nasional tidak pernah surut," ucapnya.

Masih kata Agus, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam mencapai target produksi dan menerapkan aspek HSSE yang baik dalam semua aspek kegiatan operasi.

Sementara, Senior Manager (SM) Sub Surface Development & Planning (SSDP) Zona 4, Giyatno menuturkan, dua sunur tersebut merupakan hasil kolaborasi tim subaurface Pertamina dan Subaurface SKK Migas untuk percepatan 2024.

"Jadi ini melanjutkan keberhasilan dari 3 sumur pengeboran sebelumnya, di struktur Benuang yaitu sumur BNG-B1, BNG-D1 dan BNG-E1 pada 2022," tuturnya.

"Selain melebihi target produksi dan keberhasilan percepatan rencana kerja, perusahaan juga berhasil mengelola biaya pengeboran secara efisien dengan realisasi anggaran 91 persen untuk BNG-D2 dan 90 persen untuk BNG-B2," imbuhnya.

Sedangkan, Deputi Eksploitasi SKK Migas Pusat, Wahju Wibowo mengapresiasi Pertamina EP/Zona 4 PHR yang telah berupaya keras dan masif serta dengan cara out of box untuk menggali potensi produksi dari struktur eksisting di WK PEP area Benuang.

BACA JUGA:Blokir Jalan SMKN 3 Kayuagung Dibuka, Warga Leluasa Lintasi Hutan Kota
"Realisasi pemboran 2 sumur tambahan BNG (B-2) dan D-2 ini menciptakan optimis awal tahun yang sangat baik dan dilanjutkan pada pengembangan struktur Benuang di tahun 202e sebagai bagian dari perjuangan mencapai target produksi nasional 1 juta BOPD dan 12 BSCF gas tahun 2030," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: