FEB Unanti Terapkan RPS Menggunakan Aplikasi SPADA

FEB Unanti Terapkan RPS Menggunakan Aplikasi SPADA

PELATIHAN---FEB Unanti menggelar pelatihan menggunakan aplikasi SPADA, Kamis (23/2/2023). -ist-ist

PALEMBANG, PALPOS.ID - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tridinanti (FEB Unanti) Palembang, menggelar pelatihan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) menggunakan aplikasi Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). 

Pelatihan digelar selama dua hari, Kamis-Jumat (23-24 Februari 2023), di Aula FEB Unanti Lantai 3.

Pelatihan SPADA diikuti sekitar 80 dosen tetap maupun dosen Luar Biasa (LB) FEB Unanti. Bertindak sebagai pemateri adalah Wakil Dekan I FEB Unanti Dr M Ima Andriyani, SE, MSi.

Dekan FEB Unanti Palembang Dr Msy Mikial, SE, MSi, AkCA, CSRS, yang bertindak sebagai Keynote Speaker menyampaikan, RPS adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

"Seorang dosen tentu perlu memahami langkah-langkah menyusun RPS yang dilakukan setiap semester atau per enam bulan sekali. RPS membantu melaksanakan kurikulum yang berlaku dan diterapkan di perguruan tinggi," ujar Mikial.

Mikial menambahkan, kewajiban  menyusun RPS sesuai ketentuan bertujuan untuk mendukung dosen melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terstruktur, terukur, dan juga bisa dipertanggung jawabkan. 

"Dosen dengan RPS di tangannya bisa mengadakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan benar. Bisa menjelaskan materi perkuliahan secara runtut, urut, sistematis, dan juga lebih maksimal karena bisa menyiapkan alat bantu mengajar yang paling sesuai," jelas Mikial.

Wakil Dekan I FEB Unanti Dr M Ima Andriyani selaku pemateri menyampaikan, perencanaan yang matang perlu dilakukan dalam setiap penyusunan RPS agar seluruh pembelajaran menjadi terstruktur dan jelas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditentukan oleh masing-masing program studi (Prodi).

Ima menjelaskan, penyusunan RPS dimulai dari konsep kurikulum yang jelas kemudian disusun RPS lalu terjadi kegiatan pembelajaran. Hasil akhirnya adalah lulusan yang mencapai tujuan pembelajaran sesuai konsep kurikulum yang disusun. 

"RPS kemudian menjadi tahapan penting yang memastikan lulusan mencapai suatu keterampilan dan prestasi yang mumpuni," ujar Ima.

Lanjutnya, RPS berisi detail rencana kegiatan pembelajaran selama satu semester ke depan. 

Penyusunan RPS menjadi penting dan bahkan dikatakan wajib. Di mana, perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam RPS. Sehingga per mata kuliah oleh per dosen disusun RPS yang terpisah berisi detail rencana kegiatan pembelajaran. 

"Secara sederhana, RPS ini bisa diartikan sebagai agenda kegiatan belajar di satu mata kuliah selama satu semester penuh. Sehingga dosen sudah tahu sepanjang satu semester akan ada berapa pertemuan, setiap pertemuan membahas apa, dengan alat bantu apa, dan metode pembelajarannya bagaimana," terangnya. *ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: