Pantarlih Diminta Kerja Cerdas

Pantarlih Diminta Kerja Cerdas

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.Foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA,PALPOS.ID – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mulai melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk Pemilu 2024. 1225 Pantarlih di Kabupaten OKU, mulai 12 Februari – 15 Maret 2023 mulai melakukan pendataan dan pencocokan sesuai dengan data dari Dirjen Kependudukan Kemendagri ke KPU.

“Tugas Pantarlih adalah mendata dan mencocokkan antara daftar pemilih potensial ke masing – masing masyarakat sesuai lingkungan Pantarlih,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya.Kemarin 26 Februari 2023.

Secara spesifik dijelaskan Naning, tugas Pantarlih mencocokkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pemilu 2024 dengan temuan lapangan. “Serta daftar pemilih berkelanjutan yang disounding untuk memastikan bahwa pemilih benar – benar ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024,” imbuh Naning.

Sampai saat ini, lanjut Naning, belum ada kendala yang dialami para Pantarlih. Kendala yang dialami terkait kondisi geografis ataupun masyarakat yang akan ditemui. Untuk itu, Pantarlih harus cerdas memilih waktu untuk mengunjungi masyarakat tersebut.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba H Apriyadi Raih Penghargaan, Ini Kriterianya...
“Biasanya ada masyarakat yang kerja pagi artinya ditemui pada sore hari. Memang berat tugas Pantarlih namun diperlukan kerja cerdas,” ujar Naning.

Ditambahkan Naning, tidak ada kendala lain yang dialami Pantarlih apalagi terkait pendataan dan pencocokkan tersebut. Karena, setiap 10 hari, para Pantarlih akan dievaluasi sejauh mana kinerja Pantarlih dalam 10 hari.

BACA JUGA:Sempat Absen, Kembali Muba Raih Penghargaan Anugerah Adipura 2022
“Pantarlih ditergetkan harus menyelesaikan seluruh daftar pemilih yang akan akan diumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mudah dijangkau dan paling lambat 15 Maret 2023 serta semuanya sudah terdata melalui E Coklit,” tukas Naning.

Untuk itu, Naning mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menolah Pantarlih yang melakukan tugas Coklit untuk Pemilu 2024. “Coklit merupakan tahapan Pemilu 2024 untuk penyusunan daftar pemilih,” pungkas Naning. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: