Belum Ada CJH Muara Enim Yang Mundur

Belum Ada CJH Muara Enim Yang Mundur

Kemenag Kabupaten Muara Enim Dr H Hasanudin SAg MHI-Foto : Febi-PALPOS.ID

Belum Ada CJH Muara Enim Yang Mundur
MUARA ENIM, PALPOS.ID - Meski ongkos Haji pada tahun 2023 ini dipastikan naik. Namun  Calon Jemaah Haji (CHJ) Muara Enim tahun 2023 hingga hari ini belum ada yang menyatakan mundur atau menunda keberangkatannya.

“Sampai saat ini, belum ada CJH yang konfirmasi akan mundur,” ujar Kakan Kemenag Kabupaten Muara Enim Dr H Hasanudin SAg MHI, Minggu (26/2)

Menurut Hasanudin, untuk total CJH Kabupaten Muara Enim yang akan berangkat pada haji tahun 2023 ini ada sebanyak 343 orang yang terdiri dari 329 dari Kabupaten Muara Enim dan 14 dari Kabupaten Pali. Adapun CJH sebanyak 343 orang tersebut terdiri dari yang tertunda 2020 sebanyak 140 orang tidak dikenakan tambahan biaya atau nol rupiah.

Sedangkan yang tertunda tahun 2022 sebanyak 14 orang menambah ongkos Rp9,5 juta per orang dan yang urut porsi 2023 nambah Rp23,5 juta per orang. “Jemaah tahun 2023 dan jemaah yang tertunda karena pembatasan lansia pada tahun 2022 lalu,” ujar Hasanudin.

Dikatakan Hasanudin, untuk pemberangkatan haji sesuai jadwal nasional sekitar bulan Mei -Juni 2023. Namun untuk tergabung dalam kloter berapa belum ditetapkan oleh pemerintah. Akibat adanya kenaikan ongkos haji tersebut hingga sampai saat belum ada jemaah haji asal Muara Enim yang menyatakan mundur.

Sedangkan untuk ongkos umroh dengan adanya kenaikan ongkos haji tersebut sudah dipastikan juga akan naik. Kenaikan terjadi karena biaya angkutan udara naik akibat avtur yang naik. Selain itu juga adanya kenaikan hotel, transportasi darat, katering, obat-obatan, dan alat kesehatan.

Belum lagi ditambah pengaruh inflasi, dan kurs nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang melemah sehingga biaya haji mesti beradaptasi atas situasi tersebut. Harapan kedepan, lanjut Hasanudin, dengan adanya kenaikan tersebut terutama untuk pelayanan jemaah haji mulai dari pemberangkatan, akomodasi, penginapan hingga kepulangan lagi benar-benar ditingkatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id