Muara Enim Pelopor UHC di Sumsel

Muara Enim Pelopor UHC di Sumsel

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah menerima penghargaan UHC darin Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID  - Atas komitmen dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang lewat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) milik BPJS Kesehatan. Pemerintah Kabupaten Muara Enim diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS RI serta menjadikannya sebagai pelopor UHC di Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun penyerahan penghargaan UHC dihadiri langsung Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin tersebut, diterima oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah yang diserahkan Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3).

Dalam penerimaan penghargaan itu, Plt Bupati Muara Enim diamping istri, Kepala Kominfo Muara Enim, Direktur RSUD dr HM Rabain Muara Enim, Kepala Dinas Kesehatan dan Kabag Umum.

Dalam penghargaan UHC Tahun 2023, Wapres RI memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi dan 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berhasil mewujudkan UHC atau melebihi dari 95 persen penduduknya terlindungi sebagai peserta JKN.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih yang membawahi wilayah Kabupaten Muara Enim per 1 Maret 2023, Kabupaten Muara Enim sebagai pelopor UHC di Provinsi Sumsel melebihi target UHC dengan 99,05 persen dengan cakupan 624.848 dari jumlah penduduk 630,809.

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Kabupaten Muara Enim meraih UHC dari pemerintah pusat. Dirinya pun memastikan dan berkomitmen akan tetap memberikan pelayanan kesehatan sebagai hak dasar masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari program JKN.

"Pemkab Muara Enim berkomitmen mewujudkan pelayanan kesehatan yang mudah, setara dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Cukup dengan hanya menyertakan KTP atau Kartu Keluarga (KK) kepada petugas kesehatan di ouskesmas hingga rumah sakit,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id