Menjelang Puasa Harga Daging Naik, Harga Ayam Adem Ayem

Menjelang Puasa Harga Daging Naik, Harga Ayam Adem Ayem

Pedagang ayam di pasar inpres Kota Lubuklinggau-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS. ID  - Menjelang puasa Ramadhan 1444 H sejumlah harga bahan pokok di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan naik. Salah satunya harga daging yang biasanya Rp130 ribu perkilonya naik menjadi Rp 140 ribu perkilo atau terjadinkwnaikan Rp10 ribu dari harga normalnya.

Kendati demikian, ada juga harga bahan pokok yang masih normal. Seperti harga ayam potong yang sampai saat ini masih berada di posisi Rp28 ribu perkilonya.

"Harga sekarang masih Rp28 ribu perkilo tetapi kalau besok saya tidak tahu apa masih harga sekarang atau naik,' ungkap Dedi, pedagang ayam Potong pasar Inpres di Kota Lubuklinggau.

Menurutnya, sampai H-2 per.intaan ayam potong belum ada peningkatan. Bahkan cendrung menurun. "Sekarang sepi, tapi besokkan bisa saja ramai karena orang mauprsiapan untuk sahur dan puasa hari pertama,' katanya.  

Sementara itu, pantauan Palpos.id di sejumlah pasar tradisional di Kota Lubuklinggau selain di Pasar Inpres, harga-harga bahan pokok cendrung normal. Namun harga sayuran justru sedikit naik.

Kondisi itu diprediksi karena cuaca terlalu basa membuat sayuran petani banyak yang rusak dan gagal panen. "Ya curah hujan terlalu tinggi, kondisi itu membuat sayuran banyak yang busuk sehingga gagal panen," ungkap Hariah, pedagang sayur di Pasar Bukit Sulap Kota Lubuklinggau.

Kondisi itu menurut Horiah, membuat suplay sayur dari beberapa daerah teta gga terutama dari Kabupaten Rejang Lebong dan Kota Curup Provinsi Bengkulu berkurang. Begitupun dengan suplay sayuran dari daerah tetangga seperti Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Akibatnya harga sayuran yang biasanya perikat hanya berkisar Rp1,5 ribu naik menjadi Rp2 atau Rp2,5 ribu perikat. Terutama sayuran hijau seperti Bayam, Selada sayur, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id