Keutamaan Berbuka Dengan Kurma dan Air Putih

Keutamaan Berbuka Dengan Kurma dan Air Putih

Kurma dan air putih/mineral menu yang dianjurkan untuk mengawali berbuka puasa.-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.iD - Setelah berpuasa sehari penuh atau sekitar 12-13 jam, tubuh tentu terasa lemas. Hal itu wajar, terlebih dihari pertama puasa, karena tubuh membutuhkan penyesuaian.

Terlebih kita yang biasa makan dan minum teratur disiang hari, tiba-tiba seharian tubuh tidak ada suplay makanan dan minuman.

Tiba waktunya puasa, heet tunggu dulu jangan semuanya hidangan di meja langsung disantap dan sapu bersih. Karena itu akan membahayakan tubuh kita.

Ada cara-cara dan menu berbuka puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yakni dengan mengawali makan dan minuman yang ringan. Apa itu? Mengawali makan dengan makanan yang manis-manis.

Menu berbuka yang dicontohkan Nabi adalah 3 butir kurma dan segelas air putih. Kenapa harus kurma dan air putih?

Ternyata secara ilmiah hal itu dapat dijelaskan. Karena kurma mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam sebiji kurma terdapat kandungan karbohidrat dari glukosa dan fruktosa. Manis alami yang dihasilkan glukosa dan fruktosa ini bisa membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian. Sehingga tumbuh kembali berenergi.

Dalam sebutir kurma juga terkandung  protein dan juga berbagai vitamin yakni vitamin A, B, C, finoflavin, tiamin, niasin dan juga asam folat.

Selain itu kurma juga mengandung berbagai mineral seperti kalium kalsium, fosfor, zat besi, selenium, magnesium, natrium kobatlt dan juga zink.
 
Kemudian air putih atau air mineral sangat dianjurkan untuk membatalkan atau mengawali buka puasa. Karena  air putih dipercaya lebih cepat diserap oleh tubuh dan hanya butuh waktu 5 menit air dapat mencapai sel tubuh, sehingga membantu mengendalikan hidrasi lebih cepat.  

Lalu mama yang lebih dahulu untuk membatalkan puasa, kurma atau air putih. Zat dan mineral yang terkandung dalam kurma lebih lengkap dari segelas air putih atau air mineral. Namun air putih lebih cepat mencapai sel tubuh.

Karena itu, meski tidak dijelaskan secara detail apakah Nabi mengawali buka puasanya dengan air putih atau kurma, namun secara ilmiah kita dapat pelajari mana yang bisa lebih cepat mengatasi dehidrasi yang dialami tubuh setelah lebih dari 12 jam berpuasa.

Sebaiknya kita minum beberapa teguk air putih terlebih dahulu, kemudian baru dilanjutkan dengan memakan kurma.

Setelah itu, sebaiknya jangan langsung dilanjutkan dengan menu makanan yang berat seperti nasi atau lainnya. Karena ini bisa berbahaya untuk kesehatan.

Ada baiknya setalah minum dan makan kurma, kita langsung menunaikan sholat Magrib terlebih dahulu. Baru kemudian melanjutkan santapan  makanan lain yang sudah disiapkan.

Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap sehat dengan mengikuti sunah nabi, berbuka dengan kurma dan air putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id