Sekda Husin : Tugas Berat Menanti Sekda OKI yang Baru

Sekda Husin : Tugas Berat Menanti Sekda OKI yang Baru

Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten OKI yang menjabat saat ini, H Husin SPd MM MPd--Foto : Diansyah

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - H Husin SPd MM MPd yakni orang yang menjabat Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten OKI saat ini menyebut, berat beban Sekda yang akan menggantikan dirinya kedepan.

Hal itu diungkapkannya saat dijumpai Palpos.Id di Masjid Agung Sholihin Kayuagung pada, Kamis, 23 Maret 2023.

"Inikan sekda transisi, berat beban sekda ke depan transisi. Dimana Pak Bupati dan Pak Wabup secara Depactonya per 31 Desember 2023 habis, seluruh bupati walikota habis," ujarnya.

BACA JUGA:Makmurnya Masjid Agung Sholihin Kayuagung, Ternyata Karena Empat Unsur Ini

Ia menambahkan, walaupun Bupati OKI, Iskandar SE seharusnya 16 Januari 2024, tapi aturan secara keseluruhan itu pusat. Dimana seluruh bupati yang berakhir masa jabatannya yang sama dengan Bupati OKI dihabiskan tanggal 31 Desember 2023.

"Apalagi Pak Bupati kita mau calon ke DPR RI. Berarti minimal bulan 10 Pak bupati, ketika DCT atau Daftar Calon Tetap diumumkan beliau sudah mengundurkan diri," tuturnya.

Ditegaskannya lagi, itulah tugas berat dari Sekda. Pertama menyusun Laporan Pertanggungjawaban Akhir Tugas Bupati dari tahun 2019 - 2024. Lalu, menata pemerintahan umum untuk menyelenggarakan Pemilu seperti Pileg, DPD, dan Pilpres. 

BACA JUGA:Catat ! Selama Ramadhan, Kegiatan Belajar Mengajar di OKI Dikurangi 10 Menit

"Lanjut, di bulan November yaitu Pilkada. Ketika kepala daerah sudah terpilih, dimana kepala daerahkan mempunyai visi misi berarti tugasnya sangat berat lagi," imbuhnya.

Masih kata Husin, yakni bagaimana meramu visi misi bupati yang dituangkan ke dalam Rencana Program Jangka Menengah Bupati atau RPJMB.

Dikabarkan lagi kepada rencana kerja-rencana kerja masing masing. 

BACA JUGA:Pencurian Data Pribadi Melalui Media Sosial,Berikut Imbauan Kapolsek Cengal

"Nah itu berat. Disamping harus mengerjakan target-target visi misi bupati yang sisa. Dan harus dievaluasi mana yang belum harus dikerjakan," jelasnya.

Dirinya berharap, mudah-mudahan Panitia Seleksi atau Pansel sudah mengacu kepada acuan-acuan. Dimana seorang sekda itu mempunyai kemampuan tehnis, kemampuan managerial, kemampuan sosial kultur, dan kemampuan di bidang pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: