Pendaftaran Special Placement Program To Taiwan Bukaan Pabrik Tekstil Berakhir Hari Ini

Pendaftaran Special Placement Program To Taiwan Bukaan Pabrik Tekstil Berakhir Hari Ini

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Septa Akbar SE. Foto:Diansyah/Palpos.Id--

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Kesempatan untuk melakukan pendaftaran Special Placement Program To Taiwan atau SP2T untuk bukaan Pabrik Tekstil telah bearkhir per hari ini, Selasa, 28 Maret 2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Disnakertrans Kabupaten OKI, Madani ST MSi melalui Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Septa Akbar SE mengatakan, pendaftaran sudah berlangsung sejak Rabu, 22 Maret 2023.

"pendaftaran dilakukan secara online, jadi kita tidak bisa mengecek berapa banyak masyarakat di wilayah Bumi Bende Seguguk yang ikut," ungkapnya saat dikonfirmasi Palpos.Id hari ini.

BACA JUGA: BMKG Prediksi Kabupaten OKU Berpotensi Terjadi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Ia menambahkan, SP2T merupakan program Goverment To Goverment atau G To G yakni kerja sama penempatan pencaker seperti ke Jepang, Jerman, dan Taiwan yang baru buka.

"Untuk melakuakan pendafaftaran online tersebut harus mempunyai akun terlebih dahulu dan melamar pekerjaan ke alamat website siskop2mi.bp2mi.go.id," ujarnya.

Dikatakannya lagi, usai mendaftar, tesnya dilakukan di Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI. Dimana menurutnya, tugas mereka hanya sebatas menyebarluaskan peluang kerja itu saja, baik dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak Kenaikan Bapokting

"IJadi kesempatan peluang itu kita share terus ke masyarakat. Tinggal lagi keaktifan masyarakat sendiri mau mendaftar atau tidak. Karena kita hanya sebatas itu, tidak bisa lebih lanjut," tuturnya.

Masih kata Septa, pendaftar juga belum tentu bisa diterima, karena ada proses seleksi juga. Sehingga menurutnya, kembali ke kompetensi pendaftar masing-masing.

"Untuk melihat jumlah pendaftar, mungkin kita bisa tanyakan langsung ke BP2MI atau BP3MI di Sumsel. Saat ini baru pendaftaran, nanti ada tahapan tesnya lagi, kemudian pembekalan," imbuhnya.

Lebih lanjut, yang mengetahui itu ialah pihak BP2MI atau BP3MI dari mana saja yang daftar atau yang lulus baik dari OKI, OI, Prabumulih, dan dari daerah lain di Sumsel ini.

BACA JUGA:Ini Dasar MUI Ogan Ilir Cap Ajaran Raja Adil Sesat

"Mudah-mudahan ada masyarakat OKI yang lulus tes mengikuti tersebut. Dengan adanya program ini demikian bisa mengurangi tingkat pengangguran. Kita pun ikut senang," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: