Membuat Daun Kelor Jadi Sabun Pemutih Begini Caranya

Membuat Daun Kelor Jadi Sabun Pemutih Begini Caranya

Daun kelor-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Daun Kelor atau nama latinnya disebut Moringa oleifera. Pohon dengan daun kecil berwarna hijau muda ini banyak tumbuh di wilayah tropis termasuk salah satunya Indonesia.

Daun kelor dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, menghambat pertumbuhan sel kangker dan masih banyak manfaat daun kelor lainnya.

Karena itu tak jarang daun kelor dikonsumsi sebagai sayuran, atau dijadikan lalapan.

Selain itu, zat antioksidan yang terdapat dalam daun kelor berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Karena itu daun kelor juga dijadikan salah satu bahan produk kecantikan, seperti sabun dan masker.

Selain itu, daun kelor yang kaya akan zat antioksidan ini dipercaya mampu mengencangkan kulit dan menghaluskan kulit. Mengangkat sel kulit mati.

Nah kali ini Palpos.id ingin membagikan resep dan cara mengolah daun kelor menjadi sabun pemutih. Resep ini sebelumnya sudah dibagikan oleh akun Snack Vidio dr. Grand, dengan judul 'Resep sabun pemutih ala dr. Grand cuma 50 ribuan saja'.

Selain daun kelor, bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat sabun pemutih ini. Ada dua bahan lain yang tak kalah penting atau bisa dikatakan sebagai bahan dasar sabun pemutih.

Adapun komposisinya :

- 100 gram daun kelor yang sudah dikeringkan dan dihaluskan.  Kamu bisa membuatnya sendiri dengan carawnheringkan lebihdahuki daun kelor kemudian digiling halus, atau bisa juga kami beli yang sudah jadi banyak dijual di toko online.

- 400 ml sabun cair, bisa beli di minimarket/supermarket. Soal brand sabun cair kamu bisa tentukan sendiri yang mana yang kamu suka.

- 10 kaplet atau sekeping asam tranexamic 500mg. Belinya di apotek.

Setelah semua bahan tersebut siap, kamu masukan semua bahan ke dalam coper. Kalau tidak ada coper bisa diganti mangkuk. Setelah itu aduk sampai rata. Setelah semua bahan tercampur sempurna dan merata, itu artinya sabun pemutih sudah jadi dan siap digunakan.

Nah cukup mudakan, dan terpenting tidak perlu membeli sabun pemutih dengan harga selangit dengan membuat sendiri sabun pemutih, kamu bisa lebih hemat dan ekonomis. Tak kalah pentingnya badan kamu juga bisa lebih putih hanya dengan modal sekitar 50ribuan.

Sememtara untuk membeli produk sabun pemutih yang sudah jadi mungkin kamu membutuhkan modal lebih. Selamat memprakyekkannya di rumah ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id