Pemkab OKU Jadikan Batumarta Daerah Percontohan Kampung Perikanan

Pemkab OKU Jadikan Batumarta Daerah Percontohan Kampung Perikanan

Kawasan Batumarta, kedepan akan dijadikan kampung perikanan. Hal itu dikatakan Pj Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Teddy Meilwansyah agar menjadi penggerak roda perekonomian dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat di Lubuk Raja.--foto : eko/palpos.id

BATURAJA - Kawasan Batumarta, kedepan akan dijadikan kampung perikanan. Hal itu dikatakan Pj Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Teddy Meilwansyah agar menjadi penggerak roda perekonomian dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat di Lubuk Raja.

“Semua akan kita gerakan, termasuk masyarakat juga akan terlibat dalam kampung perikanan ini,” kata Teddy saat meninjau langsung progres demplot percontohan kampung perikanan budidaya ikan gabus Desa Martajaya Kecamatan Lubuk raja, Minggu (2/4).

Saat ini demplot percontohan kampung perikanan ini memiliki 30 kolam, satu kolam berukuran 5×10 meter yang diisi ribuan bibit ikan gabus.

BACA JUGA:PMI OKU Bantu Korban Bencana Banjir Bandang di Lahat

Tidak hanya Kecamatan Lubuk Raja ini saja, kata Teddy nantinya budidaya kampung perikanan ini akan dicoba di seluruh daerah di OKU.

“Kita akan coba diseluruh kecamatan di OKU, ini hanya percontohan saja, nanti hasil akhirnya kesejahteraan masyarakat OKU bisa terwujud,” tambahnya.

Kampung perikanan ini telah dibuat sejak November 2022 lalu, awalnya kampung perikanan ini akan dibuat di lokasi lain, namun lokasi itu tidak memungkinkan sehingga dipindahkan ke lokasi yang ada saat ini.

BACA JUGA: BMKG Prediksi Kabupaten OKU Berpotensi Terjadi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

“Proses pemindahan lokasi ini memakan waktu yang lama, kita sudah melakukan persiapan dan nanti kita akan meminta pak Gubernur H Herman Deru untuk meninjau demplot perikanan ini,” ucap Teddy.

Demplot percontohan kampung perikanan ini dibuat dengan sistem tumpang sari, yang mana di sekitar lokasi juga di tanami tanaman cabai, tomat, terong dan lainnya yang bisa menambah penghasilan masyarakat.

BACA JUGA:Anggaran Minim, Sejumlah Pos Anggaran Terancam Tak Dibayarkan

“Ini lah langkah konkrit kami, secara tidak langsung masyarakat lubuk raja dan pemkab OKU turut menyukseskan program pak gubernur sumsel H Herman Deru yakni program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan,” tuturnya.

Selian itu ditambahkan Teddy program ini merupakan bagian dari penyatuan program Pemkab OKU dalam upaya pengendalian Inflasi, penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim di OKU. (len)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: