Es Cendol Hidangan Penutup Yang Segar dan Mendunia

Es Cendol Hidangan Penutup Yang Segar dan Mendunia

Es Cendol Hidangan Penutup Yang Segar dan Mendunia-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID.- Es Cendol, minuman yang sudah tak asing di sejumlah negara di Asia. Termasuk di Indonesia.

Es Cendol mirip dengan Es Dawet. Tetapi kedua minuman ini terbuat dari bahan yang berbeda. Es Cendol terbuat dari tepung hunkwe, disebut-sebut berasal dari tanah Sunda.  Sedangkan Es Dawet terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan disebut-sebut dari tanah Jawa Tengah atau tepatnya dari Banjarnegara.

Eeet tunggu dulu, Es Cendol juga ada yang terbuat dari sagu dengan beragam varian warna. Es Cendol sagu ini berasal dari Sumatera Selatan.

Es Cendol juga ternyata juga ada di Malaysia, Thailand, Singapore dan mungkin beberapa negara Asia lainnya.

Namun di Indonesia, Es Cendol maupun Es Dawet diminum dengan campuran santan dan gula aren/gula merah yang sudah ditanak/dimasak plus es parut atau es batu yang sudah dipecah kecil-kecil.

Minuman ini dalam acara-acara resmi dijadikan sebagai hidangan penutup. Namun sehari-hari minuman Es Cendol ini biasa dinikmati saat santai pada siang hari. Ya Es Cendol nikmat dan menyegarkan untuk menemani waktu santai kamu.

Pada bulan Ramadhan seperti saat ini, Es Cendol biasa dijadikan minuman pelengkap saat berbuka puasa. Ya kenikmatan Es Cendol bukan hanya diakui lidah orang Indo saja. Namun kenikmatan Es Cendol disebut-sebut sudah mendunia. Ya katakanlah tidak kalah dengan es krim ala Eropa.

Buat kamu yang mau membuat sendiri Es Cendol bisa kok.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan :

500l air

10 lbr daun pandan

Sebungkus tepung hunkwe

1 sdm  tepung beras

 1 sdm gula pasir

1/4 sdt garam

Cara membuatnya :

Iris pandan kecil-kecil kemudian blender dengan air, lalu saring untukengambil dari pandannya dan buang ampas panda nya.

Campurkan tepung hunkwe dan telur g beras. Tambahkan gula pasir dan garam,  aduk sampai rata sambil sedikit-sedikit tuangkan sari pandan yang sudah diblender dan saring tadi.

Setelah itu masak dengan api kecil. Setelah rata dan mulaie genal matikan kompor. Siapkan air es lalu cetak cendol bisa menggunakan sutil yang ada bolong-bolong bulatnya, atau alat lain yang ada di dapur mu.

Kemudian sajikan cendol dengan campuran air santan dan air gula aren/gula merah. Tambahkan juga es parut/es batu yang sudah dipecahkan kecil-kecil. Es Cendol siap disajikan dan dinikmati. Selamat mencobanya di rumah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: