Jelang Lebaran, Harga Kerupuk dan Kemplang Melonjak Naik

Jelang Lebaran, Harga Kerupuk dan Kemplang Melonjak Naik

Kerupuk dan Kemplang yang berlokasi di Jalan Mujahidin Pasar 26 Ilir Palembang.--PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kerupuk dan kemplang selain menjadi oleh-oleh khas dari Palembang juga banyak disajikan saat lebaran, makanan yang berbahan dasar dari berbagai jenis olahan ikan ini sangat banyak diminati.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan kerupuk dan kemplang selalu meningkat tajam, termasuk pada harga jual yang ditawarkan.

Salah satu pemilik atau owner Kerupuk Kemplang AS, Angel mengatakan jika harga produk yang dijualnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:Datangi DPRD Sumsel, Mahasiswa Tolak UU Ciptaker

"Kalau naik sudah pasti karena harga ikan sekarang kan lagi naik, kebetulan kemplang ini 70% pakai ikan tenggiri jadi harga ikan naik mempengaruhi harga kemplang juga," katanya kepada Palpos.id, Kamis (13/4/2023).

Ia menjelaskan pada hari biasa harga kerupuk dan kemplang hanya berkisar Rp55 ribu per kilogram dan sekarang naik menjadi Rp60ribu per kilogram.

"Semuanya hampir naik lima ribu, tapi ada yang sampai sepuluh ribu itu tergantung toko, beda-beda per tokonya," jelasnya.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Berkunjung ke Sumsel Bagikan Sertifikat Hak atas Tanah

Ia menyebutkan, jenis kerupuk yang paling banyak dicari di tokonya adalah Kerupuk Sanggul Mini yang sekarang harganya ditaksir mencapai Rp60 ribu.

"Yang paling best seller di sini kerupuk sanggul harganya Rp60 ribu, ada juga jenis kerupuk AI dengan harganya Rp55 ribu, serta kemplang jenis mawar yang harganya Rp45 ribu," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, mendekati hari raya idul fitri telah menyetok kerupuk dan kemplang sekitar 20 bal yang 1 bal biasanya berisi 10 kilogram.

"Pembeli kita juga ada yang dari luar kota biasanya via online. Kalau ingin memesan online lewat Instagram dan Tiktok shop @kerupukkemplang_as," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: