Arus Balik Jalintengsum Mulai Ramai

Arus Balik Jalintengsum Mulai Ramai

Tampak kendaraan mulai terlihat ramai di jalurJalintengsum Muara Enim.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Masyarakat perantauan yang merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H di kampung halaman, pada H+3 lebaran mulai ramai melakukan arus balik untuk melaksanakan aktivitas seperti semula menyusul telah berakhirnya libur nasional untuk merayakan Idul Fitri.

Meningkatnya volume kendaraan arus balik mulai terlihat Salasa (25/4). Kendaraan pribadi mulai memadati jalur arus balik Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) Muara Enim-Baturaja, Muara Enim-Tol Kayu Agung menuju Lampung dan Jakarta. Begitu juga arus balik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Muara Enim-Palembang.

Soalnya mulai padatnya kendaraan arus balik, membuat jalur lalu lintas Jalan Lintas Sumatera Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Muara Enim, tepatnya di perlintasan kereta api, sempat mengalami kemacetan.
Kemacetan itu disebabkan, palang pintu perlintasan ditutup saat kereta api batubara rangkaian panjang melintas..

Namun saat pintu perlintasan ditutup, para pengendara tidak tertip, tetap saling mendahului, sehingga badan jalan dari dua arah baik dari Muara Enim menuju Palembang, maupun sebaliknya menjadi tertutup.

Sehingga pada saat kereta api telah selesai melintas dan pintu perlintasan telah dibuka, membuat kendaraan yang datang dari dua arah itu, tidak bisa bergerak. Karena tidak ada ruang untuk melintas. Akibatnya terjadi kemacetan panjang setelah anggota Satlantas mengurai kendaraan dan mem berikan teguran kepada pengemudi yang nakal.

Heri (35), salah seorang pengemudi mengatakan, secara keseluruhan jalur  arus balik, kondisinya cukup lancar dan aman. Namun ada juga sempat terjadi kemacetan, lebih dikarenakan para pengemudi kendaraan tidak tertib.

"Kalau pengemudi kendaraan tertib, tidak saling mendahului pada saat terjadi antrian kereta api melintas, tentunya tidak akan terjadi kemacetan. Tetapi karena mereka saling mendahului, membuat terjadi kemacetan," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Suwandi SH MSi terkait arus balik Memasuki H+3 terpantau masih di dominasi oleh kendaraan-kendaraan pribadi, mulai dari mobil hingga sepeda motor. Namun beberapa kali juga sempat terlihat bus-bus komersil, maupun truk logistik,” ujarnya.

Menurutnya, jalur Jalntungsum Muara Enim mulai terlihat ramai kendaraan pribadi maupun kendaraan pribadi H+3 dan H+7 yang hendak pulang ke Pulau Jawa, Lampung dan Palembang usai merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

"Untuk kendaraan bus AKAP rata-rata melalui via Tol Panlindra seperti Sinar Dempo, Telaga Indah Armada, Lantra Jaya. Sedangkan untuk bus AKDP didominasi dari Pagaralam dan Pendopo," terangnya.

Dirinya juga mengingatkan para pemudik agar selalu mengutamakan kondisi fisik saat berkendara. "Jika sudah lelah, mengatuk lebih baik beristirahat di posko mudik, rumah makan dan SPBU. Setelah kondisi fit baru melanjutkan kembali perjalanan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id