Peringati Hari Pemasyarakatan ke-59, Ini Capaian Kanwil Kemenkumham Sumsel Kuartal I Tahun Ini

Peringati Hari Pemasyarakatan ke-59, Ini Capaian Kanwil Kemenkumham Sumsel Kuartal I Tahun Ini

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya saat mengunjungi lapas didapingi jajarannya. Foto ist--

Selanjutnya kata Ilham, untuk meningkatkan kompetensi Warga Binaan Pemasyarakatan sebanyak 200 orang WBP telah mengikuti pelatihan bersertifikat, jenis  pelatihan yang diikuti adalah  membatik,  Meubelair/Pertukangan Kayu, Barista, Menjahit, Las Listrik,membuat  Karangan Bunga, Otomotif, Elektronik (Audio Video), Instalasi Listrik, Konstruksi Bangunan, Tata Boga, Tata Rias, Mural/Melukis, Jumputan, Budidaya Ikan,  Budidaya Tanaman Hydroponik, memotong rambut, dan Pengolahan Sampah.

BACA JUGA:48 Desa Banyuasin Pilkades September Mendatang, Ini Nama-Nama Desanya

“Dengan lulus pelatihan bersertifikat diharapkan menjadi bekal bagi WBP untuk Kembali berintegrasi dengan masyarakat, agar dapat jadi insan yang produktif”, harap Ilham Djaya yang telah menjabat lima kali Kakanwil itu.

Menurut Kakanwil Ilham, jajaran Lapas dan Rutan, serta LPKA di Sumsel juga telah melaksanakan program tahfizul quran, yang diikuti 552 orang WBP sedang mengikuti program hafal  Quran. 

”Program hafal Quran Bagi WBP beragama Islam di Sumsel ini menjadi atensi Gubernur Sumsel Herman Deru, sehingga akan terus kita galakkan sebagai bekal mereka baik didunia maupun diakhirat kelak“, kata Ilham.

BACA JUGA:Himbau Masyarakat Tidak Melakukan Penimbunan BBM Ilegal

Ilham menyampaikan bahwa tujuan utama program pembinaan adalah untuk menyiapkan kemampuan/keterampilan secara mandiri bagi Warga Binaan Pemasyarakatan sebagai bekal mereka  kembali ke masyarakat nanti.

Kakanwil Ilham Djaya berpesan kepada jajaran Pemasyarakatan di Sumsel, momentum peringatan HBP ke-59, bukan hanya seremonial semata, tapi dijadikan sebagai upaya evaluasi dan perbaikan.

Sekaligus meneguhkan komitmen dan konsistensi insan Pemasyarakatan di Sumsel khususnya, dalam mewujudkan Transformasi Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK. (Nik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: