Bus ALS Hangus Terbakar, 30 Penumpang Selamat

Bus ALS Hangus Terbakar, 30 Penumpang Selamat

Diduga konsleting listrik, satu unit bus Antar Lintas Sumatera (ALS) terbakar. Foto:Febi/Palpos.Id--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Diduga konsleting listrik, satu unit bus Antar Lintas Sumatera (ALS) dengan nomor pintu 121 BK 7943 DK yang disopiri oleh Mukhsin Hasibuan (47), warga Medan habis hangus terbakar di jalan lintas Sumatera Desa Sukaraja, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Rabu (10/5) sekitar pukul 02.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, bahwa kejadian tersebut berawal saat Mukhsin Hasibuan sedang mengendarai bus dengan membawa 30 penumpang melaju dari arah Muara Enim menuju ke arah Baturaja di jalan lintas Sumatera. Ketika bus usai menyalip kendaraan dan melintas di Desa Sukaraja tiba-tiba ada penumpang yang duduk di bagian bangku belakang berteriak ada asap.

Kernet yang mendengar teriakan penumpang tersebut langsung memberitahukan ke sopir bahwa ada asap yang keluar dari belakang tempat mesin mobil. Mendengar hal tersebut, sopir langsung menepikan mobil dan  berhenti serta sopir langsung turun diikuti para penumpang yang langsung berhamburan keluar bus karena asap semakin banyak dan tebal.

BACA JUGA:Istri Dosen Cantik Masih Dikejar Polisi

Setelah semua penumpang keluar menyelamatkan diri dari bagian mesin belakang mobil terlihat kepulan api yang semakin lama semakin membesar. Atas kejadian tersebut, supir dan kernet serta para penumpang mencoba meminta pertolongan kepada rumah warga terdekat untuk memadamkan api tersebut.

Kemudian Supir dibantu warga sekitar bersama-sama berusaha memadamkan api dan mengevakuasi para penumpang. Sekitar pukul 02.30 Damkar Kecamatan Tanjung Agung bersama Damkar Kabupaten Muara Enim tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Sekitar pukul 03.30 api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa.

"Penumpangnya tidak ada orang Sumsel apalagi Muara Enim. Semuanya dari Jawa dan Medan," ujar
Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi didampingi Kasatlantas AKP Suwandi.

BACA JUGA:Jaga Ekosistem Ikan di Sungai Musi, Pemkot Palembang Tebar 2.000 Benih Ikan Patin

Menurutnya, adanya kejadian tersebut yang menyebabkan satu unit bus ALS  hangus terbakar. Untuk penumpang berjumlah 30 orang semuanya selamat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun sebagian barang milik penumpang tidak bisa dievakuasi ikut terbakar. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian materil akibat kejadian tersebut sekitar Rp800 juta.

Dikatakan Kapolres, pada saat terjadinya kebakaran korban saat itu sedang menyetir mobil bus tersebut dari Medan tujuan Jakarta sebelum kejadian mobil bus tidak ada kendala dan kerusakan. Mobil Bus ALS tersebut bermerk  Mercedez Benz tahun 2001 dengan Nopol BK 7943 DK. Pada saat terjadi kebakaran, BBM di tangki mobil cukup banyak sebab sebelum terjadinya kebakaran korban sempat mengisi fuel di SPBU Tanjung Jambu, Kabupaten Lahat.

Untuk para penumpang di pindahkan ke mobil bus ALS lainnya untuk melanjutkan perjalanan. Dugaan awal penyebab kebakaran tersebut terjadi dikarenakan korsleting listrik di bagian mesin belakang bus dan langsung menyambar ke bagian lain secara cepat.

BACA JUGA:Waduh, 5 Tahun Pendapatan LRT Palembang Masih Minim Biaya Operasional Masih Nombok..

"Arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan baik dari arah Muara Enim maupun Baturaja, namun saat mobil Bus yang terbakar sudah berhasil dievakuasi, arus lalin sudah normal. Mobil bus yang terbakar masih di TKP jalan lintas sumatera Desa Sukaraja Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim," pungkasnya.(ozi)

TERBAKAR : Diduga konsleting listrik, satu unit Bus ALS (Antar Lintas Sumatera) dengan nomor pintu 121 BK 7943 DK hangus terbakar di jalan lintas Sumatera Desa Sukaraja, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: