Laba Bersih SMBR Melesat Naik 103 persen

Laba Bersih SMBR Melesat Naik 103 persen

RUPST Tahun Buku 2022, Semen Baturaja Tbk. Foto ist--

Jakarta, Palpos.ID – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022 dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 Miliar atau tumbuh 103 % dibandingkan periode tahun 2021 sebesar Rp 46,7 Miliar.

Hal itu diungkapkan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 di Hotel Sari Pacific, Jakarta pada Senin (8/5) yang dipimpin langsung oleh Komisaris Utama SMBR, Franciscus M.A Sibarani.

Dikatakan Direktur Utama SMBR, Daconi Khotob menyampaikan tahun 2022, SMBR mampu mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 4% menjadi 2,01 juta ton, meskipun Demand semen secara nasional, terutama di wilayah Sumbagsel yang merupakan pasar utama SMBR mengalami koreksi. 

BACA JUGA:Istri Dosen Cantik Masih Dikejar Polisi

SMBR juga menyetujui pembagian dividen payout ratio sebesar 20% dengan nilai total dividen tunai sebesar 18,96 Miliar dan sisanya sebesar 80% atau Rp 75,86 Milyar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Tak hanya itu SMBR juga berhasil mencatatkan pendapatan sepanjang tahun 2022 sebesar 1,88 Triliun atau tumbuh 7% dibandingkan periode tahun lalu. Dari sisi EBITDA tercatat mencapai Rp.437 Miliar atau tumbuh 5% dibandingkan dengan tahun 2021.

“Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis Perseroan pada 2022 yang berfokus pada tiga inisiatif yaitu Cost Leadership Through SMBRGO45 Program, Strengthen Market Positioning dan Competency Improvement of Employee," jelasnya.

BACA JUGA:BPS OKI Jelaskan 3 Cara Menghitung Kemiskinan yang Ideal

Hal tersebut merupakan program unggulan perseroan dalam rangka mengefisiensikan biaya diberbagai bidang dan pelaksanaan praktek terbaik dalam operasi sehingga mampu mencapai kinerja positif.

Perubahan Susunan Pengurus Perseroan Dalam RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan.

"Perseroan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi pengurus perseroan yang diganti dalam menjaga kinerja keuangan dan operasional SMBR," tuturnya.

BACA JUGA:Sinergi Cegah dan Kendalikan Penyakit ATM di Muba

Rapat memberhentikan dengan hormat Tubagus Muhammad Dharury sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM).

Selanjutnya, Rapat mengangkat Direksi Perseroan, yaitu Rahmat Hidayat sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: