45 Bacaleg NasDem Long March Daftar Ke KPU Muara Enim

45 Bacaleg NasDem Long March Daftar Ke KPU Muara Enim

Tampak para Bacaleg bersama pengurus dan kader Nasdem melakukan long march menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU Muara Enim.-Foto : Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Berbagai cara dilakukan Partai Politik (Parpol) untuk mensosialisasikan dan mengenalkan para Bacalegnya kepada masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Partai Nasdem yakni dengan melakukan long march sejauh sekitar 2 km menuju ke kantor KPU Kabupaten Muara Enim yang diikuti oleh seluruh Bacaleg, pengurus, kader dan simpatisan Partai Nasdem, Kamis (11/5).

Dari pengamatan di lapangan, kegiatan Long March tersebut dimulai dari terminal kota Muara Enim yang dipimpin langsung oleh Ketua DPC Partai Nasdem Muara Enim H Azis Rahman didampingi Sekretaris Kasman, Wakil Ketua Bidang Pengerakan Massa DPW Nasdem Sumsel Korda Dapil 6 Yusuf Prabumenang yang juga Plt Ketua DPD Kabupaten Pali, seluruh Bacaleg, pengurus dan kader Nasdem dengan pengawalan dari kendaraan Satlantas Polres Muara Enim serta dihibur oleh group Rebana.

Sambil membawa Spanduk dan bendera Nasdem, para Bacaleg bernyanyi untuk memotivasi. Setelah tiba pengurus partai Nasdem yang dipimpin langsung Ketua Nasdem Muara Enim Ajis Rahman diterima langsung oleh Ketua KPUD Muara Enim Ahyaudin didampingi Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno dan anggota Komisioner lainnya.

Menurut Ketua DPC Partai Nasdem Muara Enim H Azis Rahman, bahwa pada awalnya DPC Nasdem Muara Enim akan menyerahkan berkas pada tanggal 10 pukul 10 ke KPU Muara Enim. Namun tiba-tiba ada instruksi dari DPP kegiatan tersebut diundur dan mendaftar pada tanggal 11 jam 11.

"Kami mendaftarkan 45 anggota dewan lengkap ataupun tidak lengkap. Jika ada kekurangan akan secepatnya kami perbaiki dan lengkapi," pungkasnya.

Ketika ditanya berapa target kursi untuk DPRD Muara Enim, lanjut Azis, sebanyak 7 kursi ini lebih banyak dari Pemilu sebelumnya yang meraih 4 kursi. Sedangkan untuk kuota perempuan 30 persen juga terpenuhi. Sedangkan untuk Bacaleg yang diajukan sebanyak 45 orang sesuai kuota kursi DPRD Muara Enim.

Dirinya berharap pada Pemilu kali ini benar-benar jujur, adil dan bermartabat. "Kami ucapkan terimakasih atas sambutan dari KPU dan instansi terkait," ujarnya.

Mengenai adanya kekurangan pada berkas softcopy, kata Azis, itu akan segera dilengkapi dan diselesaikan karena secara hardcopy sudah selesai semua. Mudah-mudahan pada sore ini atau paling lambat besok berkas kekurangan sudah lengkap semua.

Sementara itu Ketua KPUD Muara Enim Ahyaudin, bahwa Partai Nasdem adalah Parpol kedua setelah PDIP yang datang menyerahkan berkas Bacalegnya. Namun dari hasil pemeriksaan ternyata ada kelengkapan berkas yang belum terpenuhi yakni dalam aplikasi Silon ternyata belum terkoneksi oleh DPP Nasdem sehingga pihaknya tidak bisa melihat kelengkapan secara softcopynya.

Setelah melakukan rapat musyawarah dan sudah dijelaskan secara detil akhirnya semuanya bisa memahami.
"Intinya proses seremonial pendaftaran telah dilaksanakan dan telah kami terima. Dokumen sudah di cek maka kami memutuskan untuk pendaftaran Nasdem ditunda karena masih ada pemeriksaan secara aplikasi belum konek belum ada sikronisasi dan persetujuan dari DPP Nasdem sendiri," pungkasnya.

Atas belum lengkapnya berkas Nasdem secara softcopy, lanjut Ahyaudin, maka pihaknya sepakat untuk menundanya dan akan ditunggu hingga tanggal 14 Mei 2023 pukull 23.59. Dan jika kekurangan tersebut dipenuhi kami siap melakukan pemeriksaan kembali hingga sampai benar-benar lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id