5 Tips Merawat Kain Songket Palembang Agar Terjaga Keindahannya

5 Tips Merawat Kain Songket Palembang Agar Terjaga Keindahannya

Tips merawat kain songket Palembang agar terjaga keindahannya. Foto:Prabu/Palpos.id--

PALEMBANG, PALPOS. ID -Songket merupakan salah satu kain tenun tradisional yang ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak. Salah satu Songket yang terkenal yakni Songket PALEMBANG.

Di Palembang dan sejumlah daerah lainnya di Sumatera Selata kain songket biasanya digunakan oleh pengantin, serta digunakan pada acara acara adat, maupun acara resmi lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, PALPOS.ID tidak akan membahas terlalu panjang tentang jenis kain songket. Akan tetapi, PALPOS.ID akan berbagai tips tentang cara merawat Kain Songket agar keindahannya terawat.

BACA JUGA:Jangan Takut Miskin Karena Sedekah, Ternyata Ini Kunci Kesejahteraan

Berikut cara-cara merawat kain songket Palembang :

1.Jangan Dicuci/Direndam

Beberapa jenis songket tidak dapat dicuci ataupun direndam, jika hal tersebut dilakukan maka dapat menghilangkan kilau emas atau perak yang ada pada songket.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan apabila usai dipakai songket sebaiknya dijemur anginkan saja.

BACA JUGA:Wakili Indonesia Dalam Panel Discussion International Legal Forum, Ini Kata Menkumham

2.Jangan Dijemur di Bawah Terik Matahari

Menjemuran songket di bawah terik matahari langsung sangat tidak dianjurkan, sebab hal tersebut dapat membuat warna songket menjadi pudar. Untuk menghindari warna songket tidak pudar, sebaiknya dijemur ditempat yang teduh alias dijemur anginkan saja.

3.Rutin Mengganti Puring

Kain songket yang sudah berusia uzur alias tua, sangat disarankan untuk dilakukan perawatan dengan mengganti puring yang sudah lusuh. Hal ini dilakukan, agar saat digunakan tetap berasa nyaman dan tidak khawatir robek karena faktor usia.

BACA JUGA:Kota Besar Tapi Sepi, Kok Bisa? Inilah 10 Kota Tersepi di Indonesia..

4.Disimpan Dengan Cara Digulung

Penyimpanan kain songket lebih dianjurkan dengan cara digulung dari pada dilipat. Hal ini dilakukan, agar benang emas atau perak pada songket tidak meninggalkan bekas lipatan seperti terlihat patah.

5.Dibungkus dengan Bahan yang Aman

Agar kain songket yang disimpan tetap terjaga kebersihannya dan awet tahan lama, sebaiknya kain yang disimpang dengan cara digulung tersebut dibungkus dengan plastik atau gormet bag.

Nah sahabat PALPOS.ID, itulah tips merawat Kain Songket Palembang yang kami rangkum dari berbagai sumber. Jika sahabat memiliki songket, ada baiknya tips ini dicoba agar kain songket kesayangannya tetap terjaga keindahannya. Selamat mencoba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: