3 Parpol Dapat Tambahan Waktu 2 x 24 Jam

3 Parpol Dapat Tambahan Waktu 2 x 24 Jam

Tiga parpol dapat tambahan waktu 2 x 24 jam. Foto:Prabu/Palpos.Id--

PRABUMULIH, PALPOS.ID- Hingga batas waktu terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu 2024 pada Minggu 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB, sebanyak 18 partai politik (parpol) telah mengajukan nama-nama bacaleg nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota PRABUMULIH.

Hal itu diungkapkan, Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP didampingi Komisioner divisi Parmas, Kosim Cik Ming SIP MSi, di kantor KPU Prabumulih, Senin (15/5).

Namun kata Marjuansyah, tidak seluruh parpol tersebut menyerahkan nama bacaleg 100 persen sesuai dengan kursi di DPRD Prabumulih. “Tidak semua parpol mengajukan bacaleg nya full dengan jumlah kuota kursi 30 kursi yang ada di Kota Prabumulih (DPRD Prabumulih) untuk pemilu 2024 mendatang,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Bacaleg OKU Resmi Ditutup

Sementara, Komisioner Divisi Parmas, Kosim Cik Ming menambahkan, dari 18 parpol yang telah menyerahkan daftar bacaleg ke KPU Kota Prabumulih 15 diantaranya berkasnya sudah diterima tanpa kedala. Kemudian tiga partai politik lainnya yaitu, partai Gelora, Partai Buruh dan Garuda, mendapatkan tambahan waktu 2 x 24 jam untuk menginput nama-nama bacaleg ke Silon karena terdapat kendala.

“Kami mempedomani keputusuan KPU nomor 476 tahun 2023 dimana dijelaskan apabila terdapat kendala di silon maka parpol tersebut dapat mendaftarkan bacalegnya dengan metode manual. Tapi kepada mereka diberikan kesempatan 2 x 24 jam untuk menginput data yang menjadi persyaratan bakal calon ke silon,” ujar Kosim Cik Ming.

Lebih lanjut Kosim Cik Ming menjelaskan, pada pemilu 2024 kuota kursi di DPRD Kota Prabumulih sebanyak 30 kursi. “Kalau kita jumlahkan 18 parpol di kali 30 kursi maka jumlahnya kita terima maksimal 540 bakal calon, namun demikian tidak semua parpol menyerahkan bacaleg sebanyak 30 tersebut,” bebernya.

BACA JUGA:Lenovo Legion Y70, Smartphone Pilihan Gamers Nggak Bikin Kantong Bolong

BACA JUGA:39 Pejabat di OKU Akan Ikuti Asesment di Poldal Sumsel, Berikut Nama- Namanya

Namun kata Kosim Cik Ming, berdasarkan catatan KPU Kota Prabumulih total bacaleg yang diajukan 18 parpol tersebut yakni sebanyak 446 bacaleg dengan rincian 260 bacaleg laki-laki dan 186 bacaleg perempuan.

“Berkas yang telah masuk akan kita verifikasi mulai hari ini Senin 15 Mei 2023 sampai 23 Juni 2023 mendatang, jadi dari 446 bacaleg bisa saja nantinya berkurang setelah diverifikasi namun untuk bertambah tidak memungkinkan,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: