Kelulusan Bukan Akhir dari Proses Belajar

Kelulusan Bukan Akhir dari Proses Belajar

Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Muara Enim Tahun Pelajaran 2022/2023.Foto:Febi/Palpos.Id--

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Kepala MTsN 1 Muara Enim Iin Parlina SPd.MM mengatakan bahwa kelulusan bukan akhir dari proses belajar. Untuk itu, anak-anak harus tetap sekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

"Saya minta untuk anak-anak jaga akhlak dan sopan santun, dan khusus anak perempuan tetap menggunakan jilbab meski nanti sekolah ditempat umum," pesan Iin pada kegiatan Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Muara Enim Tahun Pelajaran 2022/2023 di gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Rabu (24/5).

Menurut Iin, pada pelepasan siswa kali ini, ada 217 siswa. Mudah-mudahan 100 persen lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan cita-cita masing-masing. MTsN 1 Muara Enim, kata dia, adalah salah satu sekolah yang syarat prestasi baik regional, nasional bahkan internasional, maka tidak heran menjadi salah sekolah yang peminatnya cukup banyak terbukti setiap tahun ajaran baru selalu tidak bisa menampung  siswa yang akan bersekolah di MTsN 1 Muara Enim.

BACA JUGA:Tilang Manual Mulai Berefek Positif

Keberhasilan ini, bukan karena dirinya semata tetapi merupakan kerjasama tim mulai dari dewan guru, siswa, orangtua dan semua pihak terkait yang membantu keberhasilan ini.


"Saya doakan dimanapun anak-anak berada dan dapat meraih cita-citanya sesuai dengan harapan dan impian anak-anak sekalian. Kemudian saya juga mohon pamit selaku kepala MTsN 1 Muara Enim, dan bisa sukses bertugas ditempat yang baru. Saya titip kepada Kepsek yang baru dari komite semoga MTsN 1 Muara Enim menjadi sekolah impian masyarakat," ujarnya yang akan bertugas di MTsN 1 Kota Palembang ini.

Sementara itu, Kakan Kemenag Muara Enim DR H Hasanudin, sangat mengapresiasi terhadap anak-anak yang telah menorehkan prestasi baik regional, nasional maupun internasional. Dengan raihan berbagai prestasi tersebut hendaknya dijadikan pembelajaran selama tiga tahun menimba ilmu di MTs dan akan menjadi pengalaman terpenting untuk memicu prestasi dan pengalaman yang lebih baik lagi. Dan jangan sekali-kali cepat merasa puas dengan prestasi yang didapat tetapi jadikan pemicu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

BACA JUGA:Korban Pembunuhan di Taba, Ternyata Warga Kepahiyang Provinsi Bengkulu

Masih dikatakan Hasanudin, bahwa proses pembelajaran selama tiga tahun di MTs Negeri 1 Muara Enim pastilah banyak sekali kenangan baik itu suka maupun duka. Tapi ingat semua pengalaman itu sebagai guru yang terbaik proses pembelajaran itu akan membentuk karakter yang sesungguhnya untuk di masa yang akan datang.

Di MTsN ini  pembelajaran tidak hanya belajar pada pengetahuan umum semata tetapi juga secara komprehensif yakni mempelajari pengetahuan agama.

Oleh sebab itu bersyukur kepada Allah, sebab anak-anak  pada masa muda ini punya basis yang kuat baik basis pengetahuan umum maupun basis pengetahuan agama karena banyak barangkali diantara teman-teman yang seumuran hanya punya basis pengetahuan umum yang kuat tetapi bisa saja basis pengetahuan agamanya kurang.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Buatan di Indonesia, Rekomendasi Liburan Sekolah

"Saya ucapkan terimakasih kepada Kepsek yang lama ibu Iin atas pengabdiannya semoga menjadi amal jariyah dan ditempat yang baru bisa lebih sukses," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: