Herman Deru Janjikan Dana 15 Miliar untuk Perbaikan Jalan Cengal OKI

Herman Deru Janjikan Dana 15 Miliar untuk Perbaikan Jalan Cengal OKI

Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan Bupati OKI saat mengunjungi wilayah Kecamatan Cengal untuk meninjau jalan rusak.-Foto : Istimewa-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru atau HD menjanjikan dana senilai Rp15 Miliar untuk perbaikan jalan di wilayah Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI.

Selain Cengal, dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan atau APBD-P Tahun 2023 itu juga diperuntukkan infrastruktur di wilayah Kecamatan Sungai Menang.

Dengan adanya janji tersebut, harapan masyarakat di wilayah Kecamatan Sungai Menang dan Kecamatan Cengal untuk mendapatkan infrastruktur yang layak segera terwujud.

BACA JUGA:Iskandar SE : Pancasila Bukan Hanya untuk Dibaca Namun Harus Dipraktikkan

Saat mengunjungi Kecamatan Cengal, Herman Deru mengatakan, untuk total panjang jalan yang berada di Kecamatan Kayuagung-Pedamaran Timur-Sungai Menang-Cengal mencapai 96 KM.

"Kondisinya kita inventarisir 70 persen jalan sudah baik. Jalan yang rusak terdiri dari 4 titik  rusak berat dan 5 titik rusak ringan. Dimana kerusakan yang dialami kurang lebih 3 sampai 4 KM," ungkapnya didampingi Bupati OKI, Jum'at, 2 Juni 2023.

Deru menyebut penyebab kerusakan jalan didorong juga oleh aktifitas ekonomi yang meningkat pesat di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel : Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Daerah serta Kesadaran Warga, Kunci Cegah Potensi Karhutlah

Sehingga menurutnya, bukan karena kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalan yang tidak layak.
 
"Saya berjanji akan menggelontorkan APBD Provinsi Sumsel untuk perbaikan jalan di OKI. Jadi disamping kucuran dana pusat kita intervensi melalui APBD-P Provinsi sebesar 15 Miliar," ujarnya.

Dikatakannya lagi, mereka akan mengupayakan dahulu perbaikan pada titik yang mengalami kerusakan berat. Diman menurut Deru, paling tidak jalan itu bisa nyaman dilalui masyarakat.

BACA JUGA:Cegah Karhutlah, Manggala Agni Daops OKI Lakukan Patroli Mandiri dan Terpadu

Dalam kesempatan yang sama, Bupati OKI, H Iskandar SE mengemukakan, di tahun 2022, Pemerintah Kabupaten OKI mengusulkan anggaran infrastruk melalui dana inpres percepatan peningkatan konektivitas jalan ke pemerintah pusat.

"Didorong anggota DPR RI perwakilan Sumsel, OKI memperoleh gelontoran dana Inpres infrastruktur sebesar 60 Miliar untuk perbaikan jalan di Kecamatan Cengal ini. Dukungan pemerintah pusat dan provinsi serta kepedulian pelaku usaha dibutuhkan," tuturnya.

Masih kata orang nomor satu di wilayah Bumi Bende Seguguk ini, hal itu guna menuntaskan permasalahan infrastruktur di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Siswa TK di Kurup Tewas Tenggelam di Sungai Ogan

Dimana mengingat panjang jalan yang menjadi tanggungjawab pemkab mencapai 2.037,106 KM. Dan menurut adik kandung Hatta Rajasa ini juga, skala prioritas menjadi salah satu solusi pengentasan ketimpangan infrastruktur di wilayah ini.

"Beberapa tahun lalu kita fokus misalnya ruas Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur sepanjang 38 Km mampu kita tuntaskan namun masih banyak ruas lain yang perlu diperhatikan," imbuhnya.

Lebih lanjut, selain jalan di Cengal, merkea sudah mulai melakukan titik nol erbaikan di sejumlah ruas jalan di wilayah ini.

BACA JUGA:Delapan Kekayaan Intelektual OKI Dipatenkan

Antara lain ruas SP Padang-Pampangan-Lebung Batang-Tulung Selapan dan ruas jalan lainnya yang sedang masuk tahap tender di LPSE Kabupaten OKI.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: