Deteksi Dini Potensi Konflik Pemilu, Polres Prabumulih Sebar Intel

Deteksi Dini Potensi Konflik Pemilu, Polres Prabumulih Sebar Intel

Kasat Intelkam Polres Prabumulih, Iptu Budiyono--

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Untuk mendeteksi dini potensi konflik pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Prabumulih menerjunkan (sebar) personel Satuan Intel dan Keamanan (Satintelkam).

Anggota intel polres Prabumulih tersebut, ditugaskan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih serta 18 partai politik (parpol) peserta pemilu yang ada di Kota Prabumulih.

"Menghadapi tahapan pemilu 2024 yang saat ini sudah masuh tahapan verifikasi Bacaleg (bakal calon legislatif), polres Prabumulih menempatkan personel intelijen di KPU, Bawaslu dan juga parpol,” ungkap Kasat Intelkam Polres Prabumulih, Iptu Budiyono, belum lama ini.

BACA JUGA:Ridho Yahya : Tidak Sesuai Spesifikasi, Bukan Kelebihan Bayar

Dibeberkannya, untuk memonitor kegiatan di KPU Kota Prabumulih pihaknya telah menempatkan 2 orang personel.

“Dan untuk di Bawaslu Kota Prabumulih juga ditempatkan 2 personel khusus intelijen tertutup semuanya untuk monitor setiap kegiatannya,” ucap perwira pertama (pama) Polres Prabumulih ini.

Selain itu sambung pria asal Tegal ini, pihaknya menempatkan 1 personel intelijen disetiap partai politik peserta pemilu yang ada di Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Tips Memilih Hewan Kurban Sehat dan Berkualitas

“Untuk satu parpol kita tempatkan 1 LO dari intelijen, untuk  setiap kegiatan parpol agar tercover terpantau kegiatan apa yang mau dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara untuk pengamanan terbuka kata mantan Kapolsek Rambang Kapak Tengah (RKT) ini, hal tersebut masih disusun Bag Ops Polres Prabumulih.

“Masih menunggu petunjuk pimpinan seperti apa pengamanan terbuka nantinya, itu aja,” imbuhnya.

BACA JUGA:Tergelincir, Truk Pengangkut Pakan Ternak ‘Tekangkang’ di Jalan Sudirman Prabumulih

Lebih lanjut Budiyono menegaskan, tugas utama personel tersebut mengawasi setiap kegiatan sebagai bentuk deteksi dini sehingga tidak kecolongan kegiatan yang berpotensi adanya gangguan kamtibmas.

“Seperti dalam waktu dekat KPU akan melakukan pawai, itu kita sudah monitor sekarang dan sudah kita koordinasikan dan kita akan buat bentuk pengamanan seperti apa sistemnya,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: