Si Legendaris Toyota AE-86 SprinterTrueno yang Punya Harga Selangit

Si Legendaris Toyota AE-86 SprinterTrueno yang Punya Harga Selangit

Si Legendaris Toyota AE-86 SprinterTrueno yang Punya Harga Selangit-Foto: Ig @seiboncarbon-

PALEMBANG, PALPOS.IDToyota AE-86 Sprinter Truena yang tenar di filem animasi Jepang Initial D ini memang sudah diproduksi lagi oleh pabrikan Toyota, namun namanya tetap menjadi legenda apalagi di dunia drivJsckyter.

Sangking melegenda nya aktor Hongkong Jacky Chen pun ikut memfilemkan Initial D versi Hongkong yang tetap menggunakan Toyota AE-86  Sprinter Trueno.  

Banyak juga orang bertanya apa sih hebat nya mobil tersebut, bentuk yang mengkotak kok punya harga selangit ? Mari kita bahas.

BACA JUGA:Citroen Mehari Lahir untuk Militer Prancis Punya Desain Unik

Toyota AE-86 pertama kali menyentuh aspal jalanan di tahun 1983. Serta stop produksi di tahun 1987. Toyota AE-86 jugq sering di sebut  Hachiroku.

Toyota AE-86 ini mempunyai kode punya arti tesendiri  A yang berarti kode mesin yang dipakai 4A  atau 4A-GE, kode E merupakan jenis atau model seri Corolla, 8 berarti generasi dari mobil tersebut jadi E-80 berati Corolla generasi ke-5.

Dan 6 kode dari versi atau varian ke 6 dari model E-80. Sebenarnya Toyota AE-86 ini ada dua versi yang pertama Toyota Corolla Levin yang tidak menggunakan pop-up lampu depan layaknya seperti sedan biasa sedangkan versi kedua menggunakan pop-up lampu depan.

BACA JUGA:Ada Kisah Pilu Iringi Kelahiran Jeep Utility M151 Cikal Bakal SUV Hummer H1

Toyota AE-86 Spinter Trueno (versi Hachiroku ) menggunaka lampu depan pop up.

Di tahun 2012 Toyota bersama Subaru kembali  memproduksi Toyota AE-86. Dengan nama  Toyota GT 86, Toyota FT 86, Scion  FR-S dan Subaru  BRZ. Yang memakai konsep sedan Sport 2+2 . 

Tahun 2013 Toyota membangkitkan kembali suku cadang Toyota AE-86 Sprinter Trueno namun bersifat sementara selama persediaan suku cadang  masi ada.

BACA JUGA:Tak Semujur Isuzu Panther, Kembali Luncurkan Isuzu New MU-X 2023

Dapur pacu di sematkan dalam Toyota AE 86 ( Hachiroku ) menggunakan mesin  berkode 4A-GE  4 silinder DOHC 1,6 Liter.

Menggunakan transmisi manual 5 percepatan yang memeras tenaga 130 dk dengan torsi 140 Nm  berpenggerak roda belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: