4.000 Pencaker di Palembang Serbu Job Fair di PTC Mall...

4.000 Pencaker di Palembang Serbu Job Fair di PTC Mall...

4.000 Pencaker di Palembang Serbu Job Fair di PTC Mall, Rabu (7/6/2023).--Foto : Tia

PALEMBANG, PALPOS.ID - Bursa kerja atau Job Fair 2023 telah resmi dibuka oleh Walikota Palembang H Harnojoyo bersama Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda pada, Rabu (7/6/2023) di lantai 4 Palembang Trade Center (PTC) Mall.

Salah satu kegiatan yang ada dalam rangkaian HUT APEKSI ke-23 ini dihadiri langsung oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI Prof. Anwar Sanusi, serta perwakilan Walikota dan bupati se-Indonesia.

Kegiatan yang diadakan Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Palembang ini menjadi peluang bagi pencari kerja untuk mendapatkan lowongan pekerja karena ada sebanyak 45 stan perusahaan dengan 1500 lowongan kerja yang disediakan.

BACA JUGA:HUT APEKSI ke-23, Pemkot Palembang Jamin Keamanan Peserta

"Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan oleh generasi muda atau fresh graduate agar bisa segera mendapatkan pekerjaan, dan ternyata ada 4000 pencari kerja yang ikut," ujar Harno kepada awak media.

Dalam hal ini, Harno menyampaikan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi  di Kota Palembang adalah terkait dengan jumlah dan mutu penduduk serta tingkat pengangguran sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja.

"Pengangguran yang terjadi saat ini antara lain disebabkan oleh, adanya ketidak seimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja," imbuhnya.

BACA JUGA:H-1 HUT APEKSI Pemkot Palembang Pastikan Semua Siap

Dengan adanya Job Fair ini, kata Harno, kurangnya informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja bisa bisa difasilitasi.

“Salah satu bentuk pelayanan dalam memfasilitasi pertemuan pencari kerja dan pengguna tenaga kerja yang paling nyata adalah pelaksanaan Pameran Pasar Kerja atau Job fair,” katanya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan yang diwakilkan Sekertaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI Prof. Anwar Sanusi menjelaskan jika tingkat antusiasme pencari kerja dan penyedia pekerjaan sangat difasilitas Pemkot Palembang.

BACA JUGA:HUT APEKSI Palembang Kedatangan Tamu Pemkot se-Indonesia, Harnojoyo Minta Warga Jaga Ini..

"Saya yakin dengan usaha yang telah diselenggarakan ini merupakan ikhtiar kita untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan, seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan dan lain sebagainya yang dapat di akses secara umum melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses pada laman https://kemnaker.go.id. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: