Buah Berkurang Harga Melejit Naik, Petani Kopi Tetap Gembira

Buah Berkurang Harga Melejit Naik, Petani Kopi Tetap Gembira

Petani kebun kopi saat menjemur hasil panen di perkarangan rumah-Foto: Padri-Palpos.Id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID - Kabar gembira bagi para PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/512/petani">petani kebun PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/218/kopi">kopi di Kabupaten EMPAT LAWANG.

Pasalnya, harga PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/218/kopi">kopi di Kabupaten EMPAT LAWANG saat ini tembus di angka 38.00 per kilogram yang sebelumnya di angka 28.000 per kilogramnya.

Tentunya dengan kenaikan harga PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/218/kopi">kopi itu, membuat PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/512/petani">petani kebun PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/218/kopi">kopi merasa sangat senang, Ditambah lagi segera memasuki musim panen raya.

BACA JUGA:Tim KTNA Kabupaten Empat Lawang Dilepas Ke Kota Padang

Oleh karena itu, banyak juga petani kebun kopi yang masih menyimpan kopi nya dengan harapkan saat jual harganya mencapai Rp 40. 000 perkilogram.

Dengan meningkatnya harga kopi ini sangat disambut baik oleh petani di wilayah Kecamatan Pendopo, yang sebagian besar menggantungkan hidup dengan menanam kopi.

Diketahui juga sebelumnya, harga kopi terus mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Yang awalnya seharga 28.000 naik menjadi 32.000 per kilogram, kemudian naik lagi menjadi 38.000.

 " Diharapkan harganya akan terus naik. Sebagian sudah panen, dan segera panen raya ", kata Suyanto salah satu pekebun kopi, Minggu, 11 Juni 2023.

BACA JUGA:Miris, Jalan Menuju Kantor Wakil Rakyat di Empat Lawang Bak Seperti Kubangan Kerbau

Ditambahkan Ramlan petani kebun kopi lainnya mengungkapkan bahwa, kenaikan harga kopi ini sebanding dengan biaya dalam perawatan dan harga kebutuhan pokok yang cenderung naik.

" Jika harga Rp 38. 000 petani akan untung," kata Ramlan, petani kopi lainnya.

Suardi juga menambahkan bahwa, buah kopi tahun ini memang tidak sebanyak atau selebat tahun kemarin, akan tetapi dengan harga tinggi petani tetap memperoleh berkah panen.

" Alhamdulillah tahun ini meningkat tajam sesuai dengan harapan para petani. Saya ingat tahun 2022 perkilonya biji kopi yang paling bagus Rp 19.000”, Tambah Suardi.

BACA JUGA:Satlantas Polres Empat Lawang Kirim ‘Surat Cinta’, Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi tak Pakai Helm

Gunawan, salah satu pengepul (toke) biji kopi di wilayah kelurahan Pendopo, kecamatan Pendopo menuturkan bahwa, memang harga kopi tahun ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“ Iya, kenaikan harga sangatlah fantastis, beberapa hari ini harga kopi naik hingga 38.000 per kilogramnya, namun hasil panen petani kopi tidak sebanyak tahun atau musim kemarin", jelasnya

Masih dikatakan Gunawan, biasanya toke atau pengepul yang mengirim biji kopi ke Surabaya dan Lampung ini menyampaikan bahwa, setiap tahunnya bisa mengirimkan biji kopi hingga 300 ton, sedangkan untuk untuk tahun ini prediksinya cenderung akan turun.

" Sebenarnya walaupun hasil panen berkurang petani kopi akan tetap senang karena harga jual perkilonya naik atau mahal,” tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: