6 Kota Terluas di Provinsi Banten, Nomor 1 Ternyata Bukan Tangerang..

6 Kota Terluas di Provinsi Banten, Nomor 1 Ternyata Bukan Tangerang..

Rencana Provinsi Tangerang Raya Tertunda di Banten, Tapi Pembentukan Daerah Tangerang Utara Kian Dekat.-Palpos.id-youtube @abbad skycity

PALEMBANG, PALPOS.ID- Provinsi Banten adalah sebuah provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Ibu Kota dan pusat pemerintahannya berada di Kota Serang. Ada 6 kabupaten/kota terluas di Provinsi Banten ini. 

Provinsi ini merupakan provinsi yang paling barat di Pulau Jawa. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat, tetapi provinsi ini menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000.

Suku asli dari kawasan ini adalah Sunda, Banten yang berada di wilayah Kabupaten Serang bagian selatan, Kabupaten Pandeglang.

BACA JUGA:4 Provinsi Baru di Indonesia, 8 Calon Provinsi Baru Segera Menyusul, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:3 Calon Kabupaten Baru Pemekaran Ketapang Kalimantan Barat, Berikut Alasan Pembentukan DOB

Kemudian Kabupaten Lebak serta sebagian besar Kabupaten Tangerang dan komunitas masyarakat ada yakni Suku Badui yang mendiami wilayah Gunung Kendeng dan Leuwidamar di Kabupaten Lebak.

Dikutip dari youtube @ abbad skycity, ada 6 kabupaten/kota terluas di Provinsi Banten ini.

1. Kabupaten Lebak

Kabupaten ini ternyata adalah kabupaten terluas di Provinsi Banten. Memiliki luas sekitar 3.426 km2. Kabupaten Lebak ini adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Banten.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Tutup Izin Operasional Kampus Swasta, Mahasiswa dan Dosen Terlibat Masuk Daftar Hitam

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bentuk Provinsi Baru, 6 Kabupaten Kota Siap Gabung Provinsi Tapanuli

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kecamatan Rangkasbitung. Kabupaten Lebak ini juga adalah kabupaten terluas nomor 5 di Pulau Jawa. Jumlah penduduk Lebak di tahun 2021 adalah 1.402.234 jiwa. 

Kabupaten Lebak juga oleh masyarakat setempat biasa disebut Rangkasbitung saja, karena mempresentasikan ibu kota kabupaten menjadi jalur utama commuter line terintegrasi ke Jabodetabek dan jalur kereta api Jakarta-Merak.

2. Kabupaten Pandeglang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube @abbad skycity