8 Kawasan Industri di Batam Calon Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau

8 Kawasan Industri di Batam Calon Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau

Kepulauan Riau: Menggali Kekayaan Alam, Kearifan Lokal, dan Kepemimpinan yang Progresif di Tengah Dinamika Global.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BATAM, PALPOS.ID – Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau atau Kepri merupakan kota terencana untuk kawasan ekonomi khusus.

Bahkan untuk mewujudkan Kota Batam agar bisa menyaingi Malaysia dan Singapura, sehingga diusulkan pembentukan Provinsi Batam.

Sebagai kawasan industri Kota Batam sangat pantas jadi provinsi baru atau daerah otonomi baru yang khusus agar bisa bersaing dengan kedua negara tetangga tersebut.

Sebab, saat ini setidaknya ada 8 kawasan industri di Batam calon provinsi baru pemekaran Provinsi Kepulauan Riau yang sudah sangat besar dan dikenal.

BACA JUGA:Usul Kota Batam Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau Untuk Saingi Singapura dan Malaysia

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Usulan Daerah Otonomi Baru Provinsi Natuna Anambas Pemekaran Provinsi Kepri Bakal Terwujud...

Apalagi Kota Batam saat ini sangat potensial untuk bisnis di bidang layanan strategis, teknologi informatika, manufaktur dan perdagangan.

Sebab, Kota Batam sendiri saat ini juga mendapat dukungan dari Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas.

Bahkan, kawasan Kabupaten Bintan juga sedang meningkatkan sektor pariwisata dan area industri alumina, pengolahan pangan, pertahanan maritim, hingga industri olahraga.

Salah satunya ada kawasan kawasan industri Lobam yang akan melakukan pengembangan untuk meningkatkan kuota industri di Pulau Bintan.

BACA JUGA:Wacana Bentuk Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Provinsi Sumatera Utara Mirip di Luar Negeri, Apakah Danau Toba Termasuk?

Dimana, Lobam Industrial Estate sudah memiliki lahan seluas 172 hektare di Pulau Bintan direncanakan khusus untuk produksi barang-barang ekspor.

Selain itu, Kabupaten Bintan juga akan mengembangkan Bandara Internasional Bintan yang akan berfungsi untuk MRO, hubungan logistik dan aerospace park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: