Siapkan Pelajar SMK ke dunia Industri Melalui Program Sharp Class

Siapkan Pelajar SMK ke dunia Industri Melalui Program Sharp Class

Siswa SMKN 4 Palembang mengikuti pelatihan di program Sharp Class. Foto ist--

Palembang, Palpos,ID - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang sudah dipersiapkan untuk dapat lulus menghadapi dunia industry kerja.

Untuk itu beberapa program dilakukan pihak sekolah yang didukung beberapa perusahaan, salah satunya program pelatihan Sharp Class yang ada di SMKN 4 Palembang.

Diadakannya program tersebut juga sebai upaya melakukan penurunan jumlah penganguran, dimana idealnya dibarengi dengan peningkatan kualitas tenaga kerja.

Hal ini juga sebagai dukungan pihak perusahaan bersama pihak sekolah kepada pemerintah yang sangat berkomitmen untuk meningkatkan pelatihan vokasi kepada siswa/siswi SMK.

Pemerintah daerah juga melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan aktif melakukan peningkatan kualitas lulusan SMK dengan tujuan lulusan SMK semakin mudah terserap di pasar kerja local, nasional bahkan intersional.

BACA JUGA:Laznas Yakesma Sumsel Harap Oxygen Perbanyak Promosi

Tercatat berdasarkan data pada tahun 2021 sebanyak 2000 lulusan SMK di Sumsel telah tersalurkan kerja di perusahaan swasta diwilayah Sumsel maupun luar wilayah Sumsel.

Maka itu, sharp sebagai produsen elektronik yang telah beroperasi selama 53 tahun dan memiliki 25 kantor cabang di Indonesia turut membantuk upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan jumlah tenaga kerja yang terserap pada tingkat SMk melalui program Sharp Class

Dikatakan Lise Tiasanty, S.IP, MM, Head of CS Division Senior Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, jika program ini merupakan program pendamping dan pelatih kepada siswa/I SMK terpilih yang ingin menjadi seorang teknisi professional yang handal. 

“Pertama kali kami lakukan program Sharp Class di tahun 2021, dan kali ini Sharp Class sudah bekerjasama dnegan 15 sekolah seperti Aceh, Bengkulu, Banjarmasin, Karawang, Semarang, Bandung dan lainnya,” ujarnya.

Lanjut Lise, slama program ini berjalan pihaknya telah melahirkan 690 lulusan yang memiliki kemampuan yang siap bekerja dan diantaranya lulusan yang telah bekerja di service center Sharp maupun perusahaan swasta berkelas Internasional lainnya. 

BACA JUGA:Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dengan Kamera Utama 200 MP, Pas Bagi yang Hobi Foto Jarak Jauh

Pada hari ini kami juga telah melakukan kerjasama dengan sekolah tingkat SMK dengan penandatangan kerjasama (MOU) antara Sharp Indonesia yang diwakili oleh Lise Tiasanty, S.IP, MM, Head of CS Division Senior Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, IP, MM, Head of CS Division, PT Sharp Electronics Indonesia dan SMKN 4 Palembang yang diwakilkan oleh Bapak Drs Ropik, M.Si, Kepala Sekolah SMKN 4 Palembang yang disaksikan oleh Bapak Drs. Sutoko, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan, dengan ditandatangani MoU kerjasama ini artinya, Sharp Class resmi berjalan, sekitar 25 – 30 siswa /i SMKN 4 Palembang yang terpilih akan diberikan pendampingan serta pelatihan oleh teknisi yang berpengalaman dan handal dari Sharp Indonesia. 

Ditempat yang sama, Drs Ropik, M.Si, Kepala SMKN 4 Palembang mengungkapkan pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dengan Sharp Indonesia dalam program Sharp Class, semoga ke depannya kerjasama ini dapat terus berlanjut melihat tingginya jumlah siswa/i yang tertarik untuk mengikuti program ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: