Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka, Begini Tanggapan Legislatif di Lubuklinggau...

Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka, Begini Tanggapan Legislatif di Lubuklinggau...

Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka, Begini Tanggapan Legislatif di Lubuklinggau.--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Pemilu 2024 dipastikan tetap menggunakan sistem proporsional terbuka, karena Majelis Konstitusi atau MK  menyatakan menolak permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang sistem pemilu proporsional terbuka.

Menanggapi putusan tersebut, Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Kota Lubuklinggau Hambali Lukman, menegaskan bahwa apapun putusan MK PDIP siap melaksanakan konstitusi.

"Kita tidak masalah proporsional terbuka atau tertutup, ketika itu sudah menjadi keputusan MK kita siap melaksanakan konstitusi tersebut," ungkap Hambali.

BACA JUGA:KPK Batal Periksa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Karena Hadiri G20 di India

Sebab lanjut Hambali, meski PDIP yang awalnya mengusulkan proporsional tertutup, namun bukan berarti PDIP kemudian tidak siap dengan sistem proporsional terbuka. 

Karena strategi untuk memenangkan Pemilu 2024 sudah disiapkan baik itu menggunakan sistem proporsional terbuka maupun proporsional tertutup.

"Intinya apapun keputusan MK PDIP siap melaksanakan konstitusi itu," tegasnya.

BACA JUGA:Sigap Tim PSC 119 Muba Bantu Pasien ODGJ Asal Muratara

Terpisah, Ketua DPC Demokrat Taufik Siswanto, mengucapkan syukur atas putusan MK tersebut. "Alhamdulillah MK menetapkan sistem pemilu proporsional terbuka," ujarnya.

Dikatakan Taufik, sejak awal Partai Demokrat menolak keras usulan pemilu menggunakan sistem proporsional tertutup. Karena itu sama saja mencederai amanat reformasi. 

"Putusan MK tersebut merupakan wujud dari keadilan yang berpihak pada kedewasaan demokrasi," kata Taufik. 

BACA JUGA:HUT PALEMBANG ke-1340, Warga Kumpulkan 439 Kg Sampah

Dengan keluarnya putusan MK tersebut ditegaskan Taufik, pihaknya akan terus mengawal pemilu 2024 agar berlangsung demokratis, jujur dan adil.

"Kita akan terus mengawal pemilu 2024 ini agar berjalan secara jujur dan adil menuju perubahan dan perbaikan," tegasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: