Kemenag Sumsel : Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 29 Juni 2023

Kemenag Sumsel : Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 29 Juni 2023

Suasana saat Plh Kakanwil Kemenag Sumsel lakukan Rukyatul Hilal di Rooftop Hotel Arya Duta, Minggu sore (18/6).-tia/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Penetapan 1 Dzulhijjah 1444 Hijiriyah diperkirakan jatuh pada hari Selasa, 29 Juni 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sumatera Selatan, Abadil usai lakukan Rukyatul Hilal di Rooftop Hotel Arya Duta, Minggu sore (18/6).

"Artinya Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023," ujar Abadil kepada awak media.

BACA JUGA:Semarakkan HUT Palembang Warga Antusias Berswafoto dengan Mobil Hias

Ia menjelaskan menurut hisab hilal sudah di atas ufuk, akan tetapi untuk di Kota Palembang tidak dapat di Rukyat karena pengaruh cuaca.

"Saat matahari terbenam menurut hisab hilal sudah di atas ufuk maka Hilal pada sore ini ada kemungkinan dapat diRukyat.

Namun untuk di Kota Palembang tidak dapat di Rukyat karena pengaruh cuaca," jelas dia.

BACA JUGA:Palembang Expo 2023 Resmi Dibuka, Promosikan Produk Unggulan UMKM Lokal

Ia mengatakan hasil perhitungan bahwa matahari terbenam pada pukul 18:01:32 WIB, dan ketinggian hilal di Palembang pada sore ini 1 derajat 34 menit 41 detik diatas Ufuk Mari.

"Azimut Matahari terbenam 293 derajat 22 menit 56 detik dari Utara ke Timur dan Azimut Bulan terbenam 297 derajat 46 menit 28 detik dari Utara ke Timur, pada saat matahari terbenam," kata dia.

"Berdasarkan Ktriteria Imkanurrukyah terbaru Mabims (Menteri-Menteri Indonesia, Malaysia, Singapura) ketinggian Hilal Agama Brunai minimal 3 derajat dan Sudut Elongsi minimal 6,4 derajat," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: