Dibalik Mitos ,10 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Dibalik Mitos ,10 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Bunga Wijaya Kusuma Bisa Dijadikan Sebagai Obat TBC Alami? Begini Caranya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS - Bunga Wijaya Kusuma atau dikenal dengan nama ilmiahnya Epiphyllum Oxypetalum merupakan tanaman hias yang disukai karena keindahan bunganya.

Bunga Wijaya Kusuma juga salah satu tanaman hias menyimpan banyak mitos yang dikaitkan dengan kelancaran rezeki si punya bunga

Berdasarkan mitos yang berkembang bahwa Bunga Wijaya Kusuma ini bisa menjadi pertanda kondisi finasial yang punya bunga.

BACA JUGA:Simak! 7 Tanaman Ini Bisa Dijadikan Obat

Jika tanaman yang menyimpan banyak mitos ini tumbuh subur dan bunganya bermekaran, disebut-sebut yang punya bunga akan mendapatkan rezeki materi dari jalan yang terduga. Usaha pemilik tanaman ini akan berjalan dengan lancar.

Sebaliknya, jika tanaman hias ini seperti hidup segan mati tak mau, pertanda usaha sang pemilik akan seret.

Namun terlepas dari mitos tersebut, kebanyakan orang terutama pencinta tanaman hias, memelihara bunga Wijaya Kusuma ini karena keindahan bunganya.  Bukan semata-mata percaya mitos tersebut.

BACA JUGA:Dulu Viral untuk Obat Covid-19, Daun Sungkai Ternyata Punya Banyak Khasiat Lain…

Tetapi tidak semua pencinta tanaman hias yang mengetahui kalau Bunga Wijaya Kusuma juga ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Sama seperti beberapa tanaman hias lainnya yang tidak hanya sekedar tanaman hias yang pandai memanjakan mata, tetapi Bunga Wijaya Kusuma juga pandai memberikan manfaat kesehatan kepada pecintanya.  

Adapun manfaat Bunga Wijaya Kusuma diantaranya :

BACA JUGA:Catat ! Ini Manfaat Madu Bagi Kesehatan

1. Memantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Bunga wijaya kusuma ternyata mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka luar.

Untuk mendapatkananfaat ini kamu cukup ambil bagian batang bunga secukupnya. 

BACA JUGA:Rumah Sering Diganggu Jin dan Setan, Tanaman ini Bagus untuk Penangkalnya

Lalu tumbuklah atau giling sampai halus. Setelah halus, bisa langsung diaplikasikan dengan cara mengoleskannya pada tubuh kamu yang teruka.

Dengan mengoles batang Bunga Wijaya yang telah halus ke bagian tubuh atau kukutbyabg terluka, maka luka tersebut diklaim akan lebih cepat kering dan sembuh.  

Bukan hanya sekedar lebih cepat kering, luka juga dapat terhindar dari infeksi.

BACA JUGA:Tanaman Pengusir Jin dan Gangguan Setan

2. Menyembuhkan Perdarahan pada Rahim

Mayoritas orang mungkin tidak percaya manfaat Bunga Wijaya Kusuma yang satu ini. Ternyata, Bunga Wijaya Kusuma juga dapat menyembuhkan perdarahan pada rahim.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa merebus 3-5 tangkai Bunga Wijaya Kusuma Dengan 3 gelas air, setelah airnya menyusut tinggal segelas air lagi matikan kompor angkat rebusan bunga Wijaya Kusuma tersebut dan biarkan dingin.

BACA JUGA:Kenali 14 Manfaat Daun Sirih Merah

Setelah itu minumlah air rebusan Bunga Wijaya Kusuma. Kamu dapat langsung membuktikan kebenaran khasiat dari air rebusan Bunga Wijaya Kusuma ini.

3. Membantu Meredakan Radang Tenggorokan

Memberikan cita rasa mirip mint yang menyegarkan, Bunga Wijaya Kusuma, juga bermanfaat untuk meringankan gejala yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan.

BACA JUGA:12 Manfaat Buah Naga Merah Salah Satunya Menjaga Berat Badanmu Tetap Ideal Loh

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, caranya serupa dengan sebelumnya yakni dengan merebus Bunga Wijaya Kusuma. Setelah airnya menyusut saring air rebusan Bunga Wijaya Kusuma ke dalam gelas setelah dingin bisa langsung diminum 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari.

4. Mengobati TBC

Air rebusan Bunga Wijaya Kusuma ternyata merupakan obat herbal untuk mengobatiTBC atau Tuberkulosis.

BACA JUGA:Madu Bermanfaat Mengurangi Stress hingga Mengatasi Diare

TBC ini tidak bisa dianggap penyakit ringan, karena nyawa si penderita taruhannya.

Caranya, siapkan 3 sampai 5 kuntum Bunga Wijaya Kusuma. Kemudian rebus dengan air 3 gelas, tambahkan gula aren secukupnya. Setelah mendidih dan airnya menyusut angkat dan saring ke dalam gelas. Minum 2 kali sehari.

5. Mengatasi Masalah Pernapasan

BACA JUGA:Minuman Herbal Yang Nikmat dan Menyehatkan, Begini Cara Membuatnya

Bunga Wijaya Kusuma juga dipercaya  mampu mengobati beragam masalah pernapasan, seperti sesak napas maupun asma.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mencuci bunganya yang masih segar sebanyak 3 sampai 5 kuntum, dan tambahkan air dan gula batu secukupnya.

Setelah air mendidih dan menyusut matikan kompor lalu saring dan biarkan dingin. Kamu bisa meminum air rebusannya 2 x sehari.

BACA JUGA:Madu Bermanfaat Mengurangi Stress hingga Mengatasi Diare

6. Mengatasi Bisul secara Alami

Bisul merupakan masalah kulit yang terjadi dengan gejala pembengkakan atau munculnya benjolan merah dan berisi nanah. Menimbulkan rasa nyeri saat disentuh. bisul juga bisa menganggu aktivitas penderitanya bila muncul di bagian tubuh tertentu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mengambil Bunga Wijaya Kusuma lalu rumbuk atau haluskan. Setelah halus kamu bisa mengoleskan  pada Bisul.

BACA JUGA:Minuman Herbal Yang Nikmat dan Menyehatkan, Begini Cara Membuatnya

7. Mengatasi Masalah Bau Badan

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu cukup menambahkan beberapa kuntum/tangkai Bunga Wijaya Kusuma, ke dalam air untuk berendam atau mandi kami. Buktikan khasiatnya.

8. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: