Ratusan Lapak Pasar 16 Ilir Dibongkar

Ratusan Lapak Pasar 16 Ilir Dibongkar

Suasana area gedung pasar 16 Ilir usai dilakukan penertiban oleh Satpol PP Kota Palembang, Selasa (20/6).-Foto : Tia-PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID - Ratusan lapak pedagang kaki lima pasar 16 Ilir dibongkar Satpol PP, pasalnya gedung pasar akan dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat.

"Penertiban mulai dari subuh sekitar pukul 04.00 WIB, membantu PD pasar mensterilisasi di daerah seputaran pasar 16 ilir," ujar Kasi Operasional Satpol PP Palembang Heri, Selasa (20/6).

Heri mengatakan pembongkaran lapak pedagang tersebut dilakukan secara persuasif dan surat pembongkaran telah dikirim seminggu dan sehari sebelumnya. 

BACA JUGA:Jumlah Kolam Retensi di Palembang Belum Ideal, Segini Kebutuhannya...

"Respon dari pedagang awalnya berjalan dengan tertib tapi setelah semuanya steril ada beberapa pedagang melakukan unjuk rasa untuk meminta realokasi dan memang meminta tempat berdagang," katanya.

Ia menjelaskan jika saat ini para pedagang kaki lima tersebut berstatus quo.

"Para pedagang tersebut akan melakukan mediasi dengan Pemkot Palembang dan sekarang para pedagang itu statusnya quo, jadi pedagang diimbau untuk tidak berdagang dahulu sembari adanya kesepakatan dari PD Pasar dan Pemkot," jelasnya.

BACA JUGA:Kemenag Sumsel : Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 29 Juni 2023

Ia menyampaikan selama mediasi berjalan Satpol PP aka terus melakukan  pemantauan di area gedung pasar 16 Ilir.

"Para pedagang tersebut akan direalokasi ke pasar-pasar terdekat seperti pasar soak bato dan pasar gubah, mereka juga tidak akan dikenakan biaya sewa," ucapnya.

Kendati demikian, para pedagang bersikeras tidak ingin direalokasikan ke tempat lain.

BACA JUGA:PLTSa Masuk Tahap Pembahasan Jual-Beli Listrik

"Walaupun sudah akan direalokasi akan tetapi para pedagang ini tidak mau alias menolak, mereka masih tetap ingin berdagang disini," imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Pedagang Kaki Lima Erlina mengungkapkan memang sudah ada informasi terkait revitalisasi gedung pasar 16 Ilir akan tetapi para pedagang belum diberikan solusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: